Zainal Kasi Pemdes Bantah Keras Ada Pungli Pelantikan Kades Kerinci

0
Kasi Pemdes, Zainal didampingi rekannya Firdaus dari Kantor Dinas PMD Kerinci, saat mengklarifikasi soal tuding pungli pelantikan kades pada Senin (9/8/2021). Media Harian Online Siasatinfo.co.id
Spread the love

Siasatinfo.co.id, Berita Kerinci – Mencuat soal ada dugaan pemungutan uang untuk pelantikan Kepala Desa se Kabupaten Kerinci berjumlah 150 orang pada 9 Agustus 2021 lalu, Kepala Seksi Pemerintahan Desa (Kasi Pemdes) di Kantor Dinas PMD membantah keras tudingan Pungli yang diarahkan kepadanya.

Bantahan ini langsung disampaikan oleh Kasi Pemdes, Zainal kepada Redaksi siasatinfo.co.id,  Seni (6/9/2021) sekitar pukul 14:45 WIB didampingi Firdaus rekannya, menyebutkan bahwa tudingan ada perintah dari Dinas PMD untuk setor uang pelantikan sama sekali tidak sesuai dengan fakta.

“Kalau perintah langsung dari kami di Kantor PMD untuk melakukan pungutan uang ke para Kades dilantik Bupati secara virtual pada Senin 9 Agustus 2021 lalu.

“Kalau pun ada pungutan uang untuk pelantikan Kades di Kecamatan masing-masing hanya sebatas uang konsumsi pada acara tersebut,”ujar Zainal dengan nada terbuka ke siasatinfo.co.id.

Dilanjutkan Kasi Pemdes kepada siasatinfo.co.id, tudingan dari pihak Kecamatan terhadap dinas PMD ada setoran 50 persen hanya mengada-ngada.

“Kami saja di dinas PMD ditugaskan ke masing-masing Kecamatan untuk melaksanakan tugas pengawasan pada hari pelantikan virtual saat itu.

Karena pelantikan kades se kerinci tidak ada anggaran dari dinas Pemdes. Nah, patungan dan kesepakatan para kades pun kita beri apresiasi luar biasa kompaknya.

“Mereka setor uang sumbangan di Kecamatan masing-masing atas kesepakatan para kades dilantik untuk biaya pengamanan serta konsumsi para peserta undangan yang hadir di acara pelantikan,”ungkap Zainal.

Selain soal pungutan yang ditudingkan ke Pemdes dengan wajib setor, Kasi Pemdes juga mengklarifikasi bahwa itu hanya cerita yang merusak nama Kadis Syahril Hayadi.

“Saya siap bertanggungjawab jika ada setoran uang para Kades ada perintah dari Pak Kadis.

Semua itu hanya kata mupakat serta kebijakan para petugas kecamatan dan Kades yang dilantik,”tutup Zainal selaku Kasi Pemdes Kabupaten Kerinci. (Mul/Sst)

 

Tinggalkan Balasan