Kecamatan Nipah Panjang : Sampah Menjamur sampai ke Badan Jalan

0

Siasatinfo Tanjabtim – Sampah adalah material sisa yang dibuang dari hasil proses produksi, baik itu industri maupun rumah tangga. Definisi lain dari sampah yaitu sesuatu yang tidak diinginkan oleh manusia setelah proses/ penggunaannya berakhir.
Adapun material sisa yang dimaksud adalah sesuatu yang berasal dari manusia, hewan, ataupun dari tumbuhan yang sudah tidak terpakai. Wujud dari sampah tersebut bisa dalam bentuk padat, cair, ataupun gas, untuk penanganan sampah yang ada, tentunya harus jelas dan terarah sehingga tidak menimbulkan dampak dimasyarakat, seperti pencemaran lingkungan dan wabah penyakit dll.

Dari pantauan dilapangan, Tempat Pembuangan Sampah Sementara ( TPS ) yang berlokasi di parit 7 kelurahan Nipah Panjang II Kecamatan Nipah Panjang Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi, terlihat sampah yang kian menumpuk hingga memasuki dibadan jalan dan sangat tidak nyaman dipandang oleh mata bagi warga sekitar maupun dari luar daerah yang melintas, apalagi TPS tersebut terletak dipinggir jalan raya yang kerap dilalui oleh masyarakat.

Camat Nipah Panjang “Kamaruddin” saat dikonfirmasi melalui WhatsApp (10/2) menuturkan, terkait sampah yang ada, Kalau pihak kita sudah menjemput dari rumah-rumah lalu di kumpulkan ke TPS parit 7 dengan menggunakan 2 unit kendaraan roda tiga bantuan pemerintah daerah, selanjutnya menunggu jemputan dari Dinas terkait, Kalau pun tidak di jemput paling di bakar, dan untuk penjemputan kita sudah sampaikan ke Dinas tapi saya tidak sempat mengawasi apa sudah dilakukan penjemputan atau belum.

“Seharusnya dijemput sebulan sekali Bang, tapi bagusnya konfirmasi langsung dengan Dinas terkait, “ujar Camat”.

Saat dikonfirmasi, ada berapa TPS di Kecamatan Nipah Panjang?….” Kalau TPS kita tidak punya, itu numpang tempat sama yang punya tanah, akan tetapi tong sampah sudah dibantu dari Lingkungan Hidup ( LH ) sebanyak 8 unit dan tersebar di 8 titik di dua kelurahan, “jawab Camat”.

Selanjutnya, Camat Nipah Panjang berharap agar sampah tersebut di angkut oleh Dinas terkait, agar tidak terjadi semakin banyak penumpukan. ( Firdaus)

Tinggalkan Balasan