Amien Rais Sorot Wiranto: “Masih Terlibat File Pelanggaran HAM, Mau Main-main dengan Kita!

0
Spread the love

Siasatinfo.co.id,Jakarta, – Sorotan tajam tokoh reformasi Prof Amien Rais, angkat bicara soal oper akting Wiranto membentuk tim pengkaji tokoh yang terlalu berlebihan.

Amien Rais meminta Menkopolhukam Wiranto berhati-hati dalam bertindak karena membentuk tim pengkaji tokoh. Dia menilai pembentukan tim ahli itu tidak pantas,seperti dilansir sejumlah media beberapa jam lalu.

“Ada menteri, saya lupa namanya, yang kumpulkan ahli-ahli hukum, kemudian akan menghukum mereka yang mengatakan kurang pantas dan lain-lain. Sementara menteri itu, saya lupa namanya, sampai sekarang masih punya file pelanggaran HAM,” ujar Amien di acara deklarasi ‘Gerakan Kedaulatan Rakyat’, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (17/5/2019).

Dalam pidato Amien, memang dia tidak spesifik menjelaskan sosok menteri itu. Namun, seperti diketahui baru-baru ini, Menkopolhukam Wiranto membentuk tim hukum yang bertugas membantu memberi masukan atau kajian dalam penanganan kasus-kasus pelanggaran hukum.

Oleh karena itu, Amien pun meminta menteri itu berhati-hati. Dia juga merencanakan melaporkan tim bentukan Wiranto tersebut ke International Court of Justice (ICJ).

“Jadi jangan main-main dengan kita, Pak Menteri, kita bisa kembali, akan kita bawa ke ICJ, atau Mahkamah Konstitusional yang lain, jadi jangan main-main dengan rakyat,” tegasnya.

“Kita mengajak pakar-pakar yang di masyarakat, representasi masyarakat, kita ajak bersama-sama untuk menelaah itu, menganalisis itu. Agar dari masukan itu, aparat keamanan, polisi, kejaksaan, bisa bertindak melakukan aksi yang sudah di-back up masukan dari pakar hukum yang otomatis representasi dari masyarakat,” kata Wiranto di kantornya, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (9/5).

Dengan stagmen Wiranto ini, tentu para tokoh dan rakyat merasa di kebiri dalam penyampai gagasan serta pendapatnya yang telah dijamin kemerdekaannya oleh Undang – undang.(Red).

Tinggalkan Balasan