Penyakit Buang Sampah Liar Kronis, Bupati Adirozal Pun Risih!

0
Spread the love

Sampah Liar Bikin risih warga pengguna jalan Nasional maupun jalan Kabupaten berlokasi di Kabupaten Kerinci. Soalnya, sampah berbau busuk masih saja dibuang dibahu jalan oleh warga yang tidak bertanggung jawab sudah bertahun – tahun lamanya.

Siasatinfo.co.id, Berita Kerinci,_ Aksi kronis  warga buang sampah bukan pada tempatnya masih saja berlangsung hingga kini di lokasi bahu jalan Link Siulak – Semurup. Pandangan tidak mengenakkan serta bau busuk cukup merisihkan khalayak umum.

Sementara Pelaku buang sampah tidak merasa risih atas kelakuan senonoh ini. Namun pengguna jasa jalan serta Bupati Kerinci H Adirozal pun turut risih atas aksi warga tanpa kesadaran.

Kepala bidang Dinas lingkungan hidup Kabupaten Kerinci. Photo Dokumen Siasatinfo.co.id

Menurut keterangan Kepala Bidang Sampah dari kantor Lingkungan Hidup, Kabupaten Kerinci Jumadi, SE, kepada siasatinfo beberapa saat tadi, Senin ( 25 – 02 – 2019 ) sekitar  pukul 11 ; 30 wib, mengatakan bak sampah sudah dirobohkan warga setempat.

” Bak sampah sudah dibangun disitu. Tapi warga robohkan mungkin mengganggu mereka. Kebiasaan mereka buang sampah disitu ternyata berlangsung hingga kini.

” Mestinya masyarakat turut andil dalam peningkatan pelayanan sampah bukan malah buang sampah sembarangan di bahu jalan  milik Nasional,” Tandas Jumadi kepada Media siasatinfo.co.id.

Dikatakan Kabid Jumadi, untuk tahun anggaran 2019, Dinas Lingkungan Hidup telah melakukan penambahan tiga ( 3 ) unit dunk truck jenis Izusu dan satu unit Alat Berat jenis Ekscavator, guna peningkatan pada pelayanan Masyarakat Kabupaten Kerinci.

” Untuk saat ini 9 unit dunk truck hanya 6 unit yang rutin beroperasional. Tiga unit lagi sering mengalami kerusakan. Dan tiga motor jenis Via roda tiga itu di operasionalkan para pengawas lapangan.

” Kami juga agar kesadaran Masyarakat setempat agar turut mencegah segelintir warga untuk tidak buang sampah sembarangan, ” ujar Jumadi.

Dari sembilan dunk truck milik Pemda Kerinci untuk pembuangan sampah kini operasional dibagikan dua unit untuk dua Kecamatan.

Dengan keterbatasan fasilitas mobil angkutan sampah ini, Dinas Lingkungan Hidup ( LH ) Kabupaten Kerinci,rupanya menjadi kewalahan. ( Jm / Red ).

 

Tinggalkan Balasan