Parah! Baru Dikerjakan Box Culvert Sungai Dusun Tak Layak Pakai

0
Spread the love

Siasatinfo.co.id Tanjab Timur – Proyek pembangunan Box Culvert RT. 02, Desa Sungai Dusun, Kecamatan Rantau Rasau Kabupaten Tanjung Jabung Timur, usai dibangun oleh Dinas PUPR tak layak pakai.

Padahal, dikerjakan tahun anggaran 2020 dari dana APBDP Tanjabtim. Parahnya, saat ini box culvert tersebut tak bisa dilintasi kendaraan roda empat maupun roda dua. Warga kuatirkan kondisi Box Culvert itu lantaran posisi pada plat lantai Box akan jebol bila dilintasi pengendara.

Kades Sungai Dusun Roni Nadi mengatakan sejak awal dibangun, pihak rekanan maupun dari pekerja tidak ada memberi tahu kepada pihak Desa atau ke pihak RT setempat bahwa di RT. 02 Dusun 1 ada kegiatan pekerjaan Box Culvert dari Pemkab.

Samping itu juga pekerjaan Box Culvert tersebut, sangat diragukan dengan kondisi fisik bangunannya, dan juga tidak tepat pada titik lokasi pembangunan.

“Ya, tidak tepat di titik lokasi pembangunan. Dan juga masyarakat maupun dari Pemerintah Desa juga meragukan dengan fisik bangunan Box Culvert.

“Masyarakat takut kalau dilintasi bisa rusak atau jebol pada plat lantai Box” ujar Kades saat dikonfirmasi, Selasa (30/3/2021).

Kades juga menyampaikan, lokasi Box Culvert tersebut akan susah dilintasi oleh kendaraan. Karena posisi Box bukan di jalur lintasan jalan.

Lanjut kades, kondisi oprite Box kurang memadai.”Kendaraan akan susah melintasi Box Culver, posisi Box Culvert pun bukan berada di jalur jalan. Apalagi dengan kondisi oprite kurang dari tanjakan pada Box” terang Kades.

Kades juga berharap dengan kekuatan dan mutu pada Box Culvert akan di lintasi untuk kendaraan bermuatan dari hasil kebun.

“Jalan ini juga dilintasi dengan kendaraan jenis PS bertonase besar. Takutnya nanti, kalau sempat dilintasi oleh kendaraan bertonase tinggi, bisa jebol pada plat lantai Box. Nanti masyarakat juga yang disalahkan,”tandas kades.

Harapan Kades Sungai Dusun, Pembangunan Box Culvert tersebut harus benar-benar kuat dan tahan lama dari jembatan yang ada saat ini.

Selain itu, Kades juga mengucapkan berterima kasih kepada Pemkab Tanjab Timur yang telah membangun di Desa Sungai Dusun. “Intinya kami dari Pemerintah Desa Sungai Dusun maupun dari masyarakat Sungai Dusun mendukung atas pembangunan dari Pemerintah,”tutupnya lagi.

Hingga berita ini diterbitkan, pihak PPK Dinas PUPR belum diperoleh keterangannya terkait pekerjaan proyek ini.(Firdaus. F)

Tinggalkan Balasan