Pabrik Batu Es Balok Di Mendahara Ilir,Nasibnya tidak jelas lagi

0
Spread the love

Siasatinfo Tanjabtim – Pabrik Es adalah suatu unit produksi untuk membuat dan menghasilkan es dalam bentuk Es Balok ataupun bentuk yang lainnya sebagai bahan Pembantu untuk mendinginkan hasil Perikanan dalam rangka mempertahankan mutu Ikan.

Secara Ekonomis perhitungan biaya Operasional menjadi dasar agar Pabrik Es bisa terus beroperasi dan mencapai hasil yang maksimal, akan tetapi sangat di sayangkan apabila Pabrik Es yang sudah dibangun ternyata tidak dapat beroperasi karena biaya yang di keluarkan tidak sesuai dengan pemasukan.

Seperti Pabrik Es yang berlokasi di jalan Swadaya Ujung Kelurahan Mendahara Ilir Kecamatan Mendahara Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi yang sejak dibangun sekitar tahun 2012 hanya beroperasi beberapa bulan saja dikarenakan Distributor atau Pengelola tidak mendapatkan hasil yang sesuai.

 Madi selaku Pengelola saat dikonfirmasi Awak Media (14/2) mengatakan, Awalnya pembuatan Es Balok sempat  Produksi untuk memenuhi kebutuhan para Nelayan dan Agen penampungan, tapi hanya beberapa saat, selanjutnya tidak beroperasi lagi karena biaya yang dikeluarkan tidak sesuai dengan hasil yang di dapat.

“Sehari semalam, Produksi Batu Es menghasilkan sekitar 100 Batu Es Balok, sementara hanya mampu terjual perhari berkisar 20 s/d 30 Batu Es Balok saja, sesuai dengan kebutuhan dan permintaan, “Ujar Madi”.

Lanjut Madi, Untuk saat ini Pabrik Es tidak berproduksi lagi, padahal fasilitas di pabrik es bisa dibilang lengkap, Seperti mesin Genset GT. 4 Solar, Cetakan Es ukuran 5kg dan alat derek pengangkatan dari bak pembuatan Batu Es Balok.

“Gimana mau produksi, Para Nelayan membutuhkan Es hanya untuk hasil tangkapan di Laut saja, sementara Agen Penampungan sudah memiliki kulkas untuk membuat Es sendiri, “ungkap Madi saat diKonfirmasi”. ( Faradise ).

Tinggalkan Balasan