Kades Malas Ngantor, Info Grafik APBDes Karya Bhakti Pun Tak Dipasang

0
Spread the love

Siasatinfo.co.id Tanjab Timur – Selain malas ngantor, Kades Ngatijo enggan memasang papan Merk Info Grafik APBDes.

Padahal tiap masing-masing Desa merupakan suatu kewajiban. Disamping itu juga Info Grafik mewujudkan Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik.

Info Grafik juga bermanfaat, untuk sebagai wujud transparansi Pemerintah Desa kepada masyarakat mengenai penggunaan Dana Desa.

Selain itu, Info Grafik sebagai bentuk tanggung jawab Pemerintah Desa dengan bersikap transparan kepada masyarakat dan sebagai media penyampaian informasi yang lebih menarik dan mudah diakses oleh kalangan umum.

Namun terkadang, masih terdapat Desa yang belum mampu menjalankan bagian dari transparansi penggunaan Dana Desa tersebut. Seperti di Desa Karya Bhakti Kecamatan Rantau Rasau Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi.

Dari pantauan Media Siasatinfo.co.id, Kamis (7/1/2021). Disekitar lokasi depan kantor Desa Karya Bhakti tidak terdapat papan merk Info Grafik APBDes tahun anggaran 2020, sementara tahun anggaran telah berganti. Saat Kepala Desa Karya Bhakti hendak dikonfirmasi, sangat disesali Kades tidak berada di kantor, walau sebelumnya sudah berulang kali disambangi awak media.

Lalu Awak Media coba mengkonfirmasi Sekdes Karya Bhakti Ahmat Mutakin. Dikatakan Sekdes, bahwasanya Kades belum masuk kantor dan ia juga tidak tau alasan kemana Kades saat awak media beberapa kali hendak mengkonfirmasi.

“Kades masuk kantor tidak tentu Bang, kalau alasan kemarin kemana saya tidak tau” ujar Sekdes.

Untuk kewajiban pemasangan papan merk Info Grafik, Sekdes mengungkapkan bahwa Info Grafik belum dipasang meski seharusnya Info Grafik APBDes sudah harus terpasang semua pada akhir tahun.

“Iya Bang, untuk papan merk Info Grafik Perubahan itu belum dipasang. Sementara Info Grafik Realisasi belum dicetak”ungkap Sekdes.

Berulang kali ditanya apa alasan belum dipasang, Sekdes tidak bisa menjawab. Meski di akuinya, bahwa untuk pembuatan Info Grafik APBDes telah dianggarkan.

“Belum dipasang Bang, kalau Info Grafik APBDes Murni sudah di lepas” ungkapnya pula.

Diruangan yang sama, Bendahara Desa Karya Bhakti Ahmad Basir mengatakan, bahwa dirinya kurang paham dimana keberadaan Kades.

“Kurang paham saya, dari Senin hingga sekarang Kades tidak masuk” kata Bendahara.

Terkait Info Grafik yang belum dipasang, Bendahara beralasan belum dicetak meski sudah di anggarkan.
Bendahara juga mengakui, menurut aturan seharusnya Info Grafik harus sudah dipasang.

“Harusnya sudah dipasang, Kalau untuk Info Grafik APBDes Murni itu sudah di lepas. Untuk Info Grafik di Perubahan belum dipasang, sedangkan Info Grafik Realisasi belum dicetak”jelasnya.(Firdaus. F).

Tinggalkan Balasan