Jelang Pergantian Tahun Baru, Kota Jambi Diterjang Banjir

0
Beberapa Wilayah Kota Jambi Terendam Banjir.
Spread the love

Siasatinfo.co.id, Berita Jambi – Jelang hari pergantian tahun 2020 – 2021, Kamis (31/12/20) sejak subuh Kota jambi tak henti diguyur hujan.

Diketahui setidaknya 500 jiwa warga Kota Jambi hingga Kamis (31/12/2020) siang masih mengungsi menyusul banjir yang menerjang kota itu sejak Kamis (31/12/2020) subuh.

Sebagian Wilayah Kota Jambi Diterjang Banjir Jelang Pergantian Tahun 2020 – 2021. Media Siasatinfo.co.id

Warga terpaksa mengungsi karena rumah mereka masih terendam banjir hingga ketinggian satu meter. Sebagian besar korban banjir di kota itu mengungsi ke teras-teras rumah warga lain yang masih aman dari banjir.

Seperti menimpa di permukiman warga Lorong Widuri II, Paal V, Kotabaru, Kota Jambi, Kamis (31/12/2020) siang, warga belum ada yang bisa kembali ke rumah. Karena banjir yang menggenangi rumah mereka masih mencapai satu meter. Sementara warga mengungsi ke teras rumah warga lain punya teras lebih tinggi.

“Kami belum bisa kembali ke rumah. Genangan air masih tinggi, lebih satu meter. Kami masih menunggu banjir surut.

“sementara kami mengungsi ke teras dan halaman warga sekitar yang lebih tinggi dan aman dari banjir. Mudah-mudahan hujan tidak turun lagi agar banjir cepat surut,”kata Lastri (40), warga Rukun Tetangga (RT) 04, Lorong Widuri II, Paal V, Kota Jambi, Kamis (31/12/2020) siang.

Menurut Lastri, permukiman mereka diterjang banjir, Kamis (31/12/2020) subuh sekitar pukul 04.00 WIB. Banjir disebabkan hujan deras yang mengguyur Kota Jambi sejak Rabu (30/12/2020) malam hingga Kamis (31/12/2020) pagi. Akibat hujan lebat, sungai di sekitar permukiman warga meluap. Banjir yang datang mendadak membuat warga tidak bisa menyelematkan barang-barang mereka.

“Banjir yang menerjang rumah kami datang mendadak akibat luapan sungai, Kamis subuh. Karena itu kami tidak sempat menyelamatkan barang-barang kami. Karena suasana masih gelap, beberapa warga terjebak banjir dan baru berhasil dievakuasi Kamis pagi – siang,”katanya.

Sementara itu Kepala Seksi (Kasi) Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Provinsi (BPBD) Provinsi Jambi, Ismail kepada awak media, Kamis (31/12/2020) siang mengatakan, pihaknya tetap membantu mengevakuasi warga.

“Kami sekarang masih fokus melakukan evakuasi warga yang terjebak banjir di rumah mereka. Beberapa warga terjebak banjir karena tidak sempat menyelematkan diri.

“Selain itu kami juga berupaya melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial Kota Jambi dan Dinas Sosial Provinsi Jambi untuk penyaluran bantuan,”ujarnya.(Ids/Red).

Tinggalkan Balasan