Giat Penertiban PETI, Polsek Pamenang Musnahkan 5 Unit Mesin Dompeng

0
Spread the love

Siasatinfo.co.id, Berita Merangin – Proses penegakan hukum terhadap perusak lingkungan yang dilakukan oleh Penambang Emas Tanpa Izin (PETI) Ilegal, akan terus ditingkatkan oleh Aparat Penegak Hukum di wilayah Kecamatan Pamenang, Kabupaten Merangin.

Tampak jelas keseriusan giat personil Polsek Pamenang yang dipimpin Oleh Kapolsek Pamenang Iptu Rohman, SH.MH. pada Senin 28/12/20 melaksanakan Patroli Sambang dan penertiban bagi aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) yang ada di wilayah hukum Polsek Pamenang.

PETI di Pamenang Sepi Saat Razia Petugas. Media Siasatinfo.co.id

Kegiatan yang dilaksanakan ini mulai pada pukul 10.30 Wib, sampai dengan pukul 18.00 wib, dengan sasaran diwilyah Desa Lantak Seribu, Kecamatan Pamenang Selatan Dua Lokasi, Desa Tanjung Benuang Kecamatan Renah Pamenang 1 lokasi, dan di Desa Bukit Bungkul Kecamatan Renah Pamenang 1 Lokasi.

“Di empat lokasi tersebut, tidak ada pelaku yang sedang melakukan aktifitas atau kegiatan PETI. Peralatan yang digunakan untuk melakukan aktivitas penambangan juga tidak ada lagi dilokasi.

“kemungkinan kegiatan ini sudah bocor, namun kondisi ini tidak akan membuat surut semangat kita.

“anggota patroli sambang untuk selalu menghimbau warganya agar menghentikan aktifitas PETI tersebut,”terang Kapolsek Pamenang Iptu Fatkur Rohman.

Kapolsek Pamenang Iptu Fatkur Rohman kepada awak media mengatakan, “Tujuan dan maksud kegiatan ini selain memberi himbauan kepada warga agar tidak lagi melakukan Penambangan, juga kita tidak segan-segan untuk menindak bagi pelaku yang kedapatan melakukan aktifitas PETI diwilayahnya.

“Kita berharap agar para pelaku aktifitas PETI beralih pada kegiatan yang lain dalam memenuhi kebutuhan hidup, dan tidak melakukan kegiatan aktifitas PETI,”ujar Iptu Fatkur Rohman.

Dalam kegiatan ini, Polsek Pamenang mengamankan 5 (Lima) unit Mesin dompeng. Di tempat yang terpisah, Pralon dan selang, Karpet, Galon kosong, dan Asbuk yang terbuat dari kayu.

“Selanjutnya kita mengamankan sebagian barang-barang yang dapat diangkat, untuk kepentingan penyelidikan, sementara 5 unit mesin dan Asbuk kita musnahkan di lokasi,”lanjut Kapolsek.

Kapolsek dan anggotanya akan terus melaksanakan kegiatan patroli secara berkala di lokasi tersebut, juga ditempat yang lain.

Ia juga akan memerintahkan kepada Bhabinkamtibmas agar pada saat sambang di desa binaan yang ada kegiatan PETI, agar selalu memberikan sosialisasi tentang dampak bahaya dan akibat yang ditimbulkan dari aktifitas PETI.

“supaya masyarakat beralih kepada kegiatan lain, selain PETI dalam memenuhi hajat hidupnya,”pungkas Iptu Fatkur Rohman. (Bayhakie).

Tinggalkan Balasan