BNN Raih WTP Lima Kali Berturut-turut

0
Spread the love

Jakarta, Siasatinfo.co.id – Badan Narkotika Nasional (BNN) kembali berhasil meraih opini audit Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk Laporan Hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2018 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Perolehan opini WTP tahun ini merupakan yang kelima kalinya secara berturut-turut sejak tahun 2014. Adapun Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan​ (LK) disampaikan langsung oleh Agung Firman Sampurna, selaku Anggota I BPK RI kepada Kepala BNN RI, Drs. Heru Winarko, S.H., di Balai Diklat Pemeriksaan Keuangan Negara BPK, Jakarta, Kamis (20/6).

Dalam kesempatan​ ini pula, BPK menyerahkan LHP pada instansi lainnya yaitu Kementerian Koordinator Bidang Polhukam, Badan Intelijen Negara, Lemhannas, Wantannas, BNPT, Bakamla, Badan Siber dan Sandi Negara, Komnas HAM, KPK, Basarnas, KPU, Bawaslu, dan BMKG.

Dari hasil penilaian BPK, masih ditemukan sejumlah temuan, akan tetapi BPK memberikan apresiasi kepada kementerian/lembaga yang telah menindaklanjuti temuan BPK selama pemeriksaan masih berlangsung. Dari hasil pemantauan tindak lanjut rekomendasi BPK pada seluruh entitas di AKN I untuk periode 2005 sampai dengan Semester II Tahun 2018, sebanyak 14.477 rekomendasi (80,61%) senilai Rp5,19 triliun telah ditindaklanjuti sesuai rekomendasi.

Kepada kementerian/lembaga yang telah berhasil meraih WTP, BPK tetap mengingatkan bahwa opini WTP di tahun ini, bukan jaminan untuk mendapatkan opini yang sama di tahun yang akan datang. Oleh karena itu, setiap kementerian/lembaga perlu tetap konsisten dalam rangka mengupayakan peningkatan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara.(*Red/DzR)

#BERSINAR
BIRO HUMAS & PROTOKOL

Tinggalkan Balasan