Ada Polemik, Penentuan Jabatan Kursi Sekda Kerinci Ditangan Bupati Adirozal

0
Ini Tiga Pejabat Dinas Calon Sekda Pemkab Kerinci. Media Harian Online Siasatinfo.co.id
Spread the love

Siasatinfo.co.id, Berita kerinci – Tiga besar peraih nilai terbaik hasil dari Panitia Seleksi bakal duduk di kursi Sekretaris Daerah Pemkab Kerinci, Provinsi Jambi, semakin hangat jadi perbincangan para ASN Lingkup Pemda Kerinci dan para elit politik.

Sebab, ketiga orang calon Sekda usai keputusan Pansel sama- sama berhak untuk dipilih oleh Bupati Kerinci, H Adirozal. Namun, dikalangan publik dan para ASN Pemkab Kerinci serta elit politik, mereka berharap yang diloloskan bupati sesuai nilai tertinggi hasil Pansel Calon Sekda.

Sebelumnya, ranking pertama peraih nilai tertinggi adalah, Zainal Efendi (Kadis Pemuda dan Olah Raga), lalu ranking dua Syahril Hayadi ( Kadis PMD) dan yang ketiga Juanda ( Kadis Pariwisata dan Kebudayaan). Sementara, H Letmi Asisten 3 tersingkir dari ranking.

Polemik pemilihan Sekda tentu hangat diperbincangkan bukan tanpa sebab. Publik berharap kursi Sekda dipilih Bupati Adirozal karena berdasarkan perwakilan wilayah dan berpatokan dengan nilai tertinggi dari hasil seleksi calon Sekda.

“Polemik juga sih? Jika Bupati mengarah pada nilai tertinggi pas lah Zainal Efendi yang bakal duduk di kursi Sekda Kerinci.

Zainal selain dari Kecamatan Air Hangat Timur, dia orangnya bergaul dan track recordnya bagus. Skill Zainal Efendi selama menjabat sebagai Inspektur di Kantor Inspektorat Pemkab Kerinci sangat tegas orangnya.

“Keterwakilan wilayah, Zainal sudah tepat dari 2 orang calon sekda lainnya untuk duduk di kursi pimpinan struktur tertinggi di Pemkab Kerinci,” ujar pendapat publik yang sempat dikutip Siasatinfo.co.id.

Ranking kedua disusul oleh Syahril Hayadi, untuk daerah keterwakilan asal dari Kerinci hilir memang memiliki peran untuk dipilih Bupati Adirozal.

“Syahril Hayadi punya hak juga untuk dipilih Bupati sebagai Sekda Kerinci. Tetapi, kalau tidak dia berdomisili di Kecamatan Siulak tentu dia akan terpilih walaupun nilainya rendah dari Zainal Efendi.

“Cuma disayangkan akhir – akhir ini, Syahril Hayadi selaku Kadis PMD sering disorot keras media soal ada dugaan Pungli berjamaah pada pelantikan serentak 150 orang Kades se Kabupaten Kerinci.

“Ada atau tidak perintah dia untuk pemungutan uang dari Kades sebesar Rp.2 juta per Kades yang diduga kuat dilakukan bawahannya, setidaknya publik menganggap Syahril tidak layak duduk di kursi Sekda.

“Yah, di internal dinas PMD sampai Kecamatan saja, Syahril tidak mampu mengkoordinir anak buahnya hingga menuai sorotan pihak media Pungli Berjama’ah,”kata sumber Siasatinfo.co.id.

Ditambahkan lagi oleh sumber, Syahril akan tersingkir dengan sendirinya dari perebutan kursi Sekda.

” Ya tidak mungkin lah Bupati pilih dia, walau hak prerogatif ada ditangan beliau. Masak tetangga sendiri sekaligus keluarga jadi Sekda dong. Kalau ini terjadi tentu tambah sorotan miring publik dan lucu kan,”ujarnya.

Lalu bagaimana dengan Juanda? Selaku Kadis Pariwisata dan Kebudayaan yang memperoleh nilai nomor 3 dibawah Syaril Hayadi? Tak asing lagi track recordnya cukup berdedikasi tinggi, baik terhadap bawahannya maupun ke atasannya.

“Juanda juga layak miliki hak untuk menjabat sebagai orang nomor 3 Kerinci. Ia jarang disorot miring pihak media, namun sayang dia satu wilayah dengan Wakil Bupati Kerinci, Ami Taher, sesama orang Semurup,” ujar beberapa sumber Siasatinfo.co.id yang namanya tidak dipublikasikan.

Sebelumnya diketahui, Asisten III Pemkab Kerinci, H Letmi sangat digadang -gadang kan akan menjabat Sekda, namun disayangkan nilai test calon Sekda oleh Pansel dia miliki nilai ter keok.

Bukan hanya H Letmi, Kadis Dishub H Ardinal dulu sering muncul di permukaan akan menggantikan Drs H Aprizal, namun disayangkan ia terbatas oleh masa waktu pensiun yang hanya tinggal beberapa bulan lagi.

Untuk diketahui perolehan suara ketiga calon Sekda ini berdasarkan dari surat keputusan no 17/kep.pansel JPT.Pratama/BKPSDMD/VIII/2021 tentang hasil akhir seleksi calon Sekda Kerinci.

Seperti disebutkan oleh Kepala BKPSDM Kerinci, Efrawadi, bahwa berdasarkan hasil keputusan panitia seleksi calon Sekda Kerinci pada tanggal 6 September 2021, hasil seleksi akhir seleksi calon sekda Kerinci, berdasarkan peringkat nilai.(Ncoe/Red SST)

Tinggalkan Balasan