Terlibat Ilegal Drilling, Bripka ES Dipecat Kapolres Batanghari

0
Spread the love

Siasatinfo.co.id, Berita Batanghari – Sudah tak patut lagi menjadi anggota Kepolisian, Bripka ES yang bertugas di wilayah hukum Polres Batanghari dipecat Kapolres AKBP Heru Ekwanto sebagai anggota Polisi.

Selanjutnya, Kapolres Batanghari gelar upacara pemberhentian secara tidak hormat PDTH secara in absentia personel Polres Batanghari di halaman Markas Polisi Resort Batanghari, Rabu lalu (04/08/2021).

Diungkapkan AKBP Heru Ekwanto, S.I.K, pemecatan terhadap salah satu anggotanya yang berinisial Bripka ES karena yang bersangkutan sudah empat kali melanggar aturan.

“Karena sudah empat kali melanggar aturan, tidak pernah masuk selama 30 hari berturut-turut, termasuk keterlibatannya melakukan tindak pidana melakukan ilegal drilling, ” pungkasnya.

Kapolres memaparkan riwayat Bripka ES, dua kali sidang disiplin, tahun 2014 pelanggaran disiplin terkait tidak melaksanakan tugas PAM TPS Pemilu Presiden tahun 2014. Dengan hukuman tunda kenaikan pangkat selama 1 periode, patsus 21 hari.

“Tahun 2019 pelanggaran disiplin terkait ketidak hadiran dalam dinas selaku BA Polsek Muara Bulian Polres Batanghari.

Dengan hukuman tunda usulan kenaikan pangkat selama 2 periode, patsus selama 21 hari.”Dilanjutkannya, yang bersangkutan juga sudah dua kali sidang KKE, di tahun 2020 sidang pelanggaran KEPP terkait kasus intracth dari Pengadilan Negeri Jambi dalam perkara dengan putusan lima tahun penjara. Dengan hukuman perbuatan tercela, kewajiban pelanggar meminta maaf secara tertulis kepada institusi Polri, mutasi bersifat demosi selama 5 tahun.

“Tahun 2021 sidang KEPP karena tidak melaksanakan dinas selama 58 hari kerja secara berturut-turut sesuai dengan LP /A-20/III/2021/Si Propam tanggal 30 maret 2021.

”Heru Ekwanto mengatakan, “Artinya tidak ada perubahan dari personalnya dengan melakukan empat kali pelanggaran sehingga harus diberhentikan secara tidak hormat, dan yang bersangkutan sudah berstatus sebagai rakyat sipil, ” ujarnya.

Upacara pemberhentian dilakukan secara simbolis dan sesuai dengan protokol kesehatan, dikarenakan yang bersangkutan tidak hadir maka Kapolres menyilang foto Bripka ES pertanda sudah tidak lagi menjadi personel Polri.

“Sidang tersebut diputuskan oleh Kapolres dan diputuskan bahwa yang bersangkutan dipecat, tapi secara administrasi dari Kapolda” tutup Kapolres. (Red)

Tinggalkan Balasan