Marak Tambang Emas Ilegal di Tabir Lintas, Aparat Penegak Hukum Tutup Mata

0
Spread the love

Siasatinfo.co.id, Merangin- Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) atau ilegal di Desa Mensango, Kecamatan Tabir Lintas, Kabupaten Merangin marak.

Lokasi tambang emas liar. Media online siasatinfo.co.id

Pelaku tambang emas ilegal semakin hari semakin banyak karena ada dugaan tidak pernah ditertibkan oleh aparat keamanan.

Pada Kamis 27/8/20 Tim Investigasi Wartawan Siasatinfo.co.id menelusuri dan mencari kebenarannya dengan mendatangi lokasi Pertambangan Emas tanpa izin (PETI) di Desa Mensango Kecamatan Tabir Lintas, tim menemukan beberapa titik lokasi sedang melakukan beraktivitas kegiatan tambang emas.

Menurut informasi yang di himpun dari beberapa sumber, di duga ada beberapa pemain tambang emas tanpa izin (PETI) sampai saat ini masih berjalan.

Bahkan yang lebih parahnya lagi Peti tersebut sangat lantang terdengar dari kantor Pemerintahan desa Mensango dan Kecamatan Tabir Lintas.

Ada beberapa Nama-nama yang tidak asing lagi diduga pemain tambang emas/glondong di Desa Mensango yaitu diduga Pemodalnya salah satu Toko Emas dari Kecamatan Margo Tabir,

Salah seorang warga setempat berinisial (A) mengatakan pertambangan emas tanpa izin (PETI) ilegal ini sudah sangat mengkwatirkan kerusakan lingkungan.

“Proses pengolahan hasil tambang emas karena menggunakan Mercuri (Air Raksa) sebagai media menyatukan emas dan pemisahan dari material lain selain emas tersebut, berpotensi merusak lingkungan,” terang (A).

Menurut (A) berpotensi merusak lingkungan, selain mencemarkan juga berdampak pada ekosistem dan kesehatan manusia karena sedotan sangat berbahaya dan dari
pencemaran lingkungan akibat limbah Mercuri sering kali menjadi sorotan.

“Warga berharap kepada Aparat Penegak Hukum (APH) yaitu pihak kepolisian Polres Merangin untuk menangkap tambang emas ilegal itu,” pungkasnya.(Bayhakie)

Tinggalkan Balasan