Korem 042 Gapu Latihan Bersama Simulasi Penanggulangan Bencana Alam Karhutla

0
Spread the love

Jambi, Siasatinfo.co.id – Latihan penanggulangan bencana alam (Latgulbencal) yang dilaksanakan Korem 042/Gapu memasuki tahap pelaksanaan Simulasi di Lapangan.

Adapun kegiatan latihan, difokuskan melakukan materi simulasi Pemadaman dan Penanganan korban karhutla, yang dilaksanakan di desa Betung Kec Kumpeh Kab Muaro Jambi, Jumat (5/12).

Latihan ini melibat Tiga ratus Personil Gabungan, antara lain SATGAS DARAT Terdiri dari TNI Jajaran Korem 042/Gapu, Polri Polda Jambi, BPBD Prov Jambi, Manggala Agni, Dinas Sosial, Tagana, Disbun, Dishut, Dinas LHK, BMKG, Pihak Perusahaan dan Kelompok Masyarakat Peduli Api.

SATGAS UDARA, SATGAS KESEHATAN dan EVAKUASI antara lain Denkesyah , Dinkes , PMI, SATGAS EVAKUASI antara lain Denzibang 3/III, Basarnas SATGAS GAKKUM Polri, Polhut dan Biro Hukum Pemda.

Kegiatan ini mensimulasikan pelaksanaan tugas dan tanggung jawab, serta pergerakan unsur-unsur pasukan dan perlengkapannya, yang terlibat dalam penanganan Pemadaman dan Penanganan korban karhutla, dari embarkasi materiil dan personel, seperti keadaan yang sebenarnya.

Latihan penanggulangan bencana alam yang dilaksanakan ini, merupakan salah satu metode untuk memelihara dan meningkatkan kewaspadaan serta kesiapan prajurit, dalam mengantisipasi bahaya bencana alam, khusus Kebakaran Hutan dan Lahan Di Provinsi Jambi.

Selain itu, latihan ini juga untuk meningkatkan sinergitas hubungan kerja dengan Pemerintah Daerah dan instansi terkait, dalam melaksanakan operasi bantuan dalam menangani penanggulangan bencana alam.

Danrem 042/Gapu Kolonel Arh Elphis MSc SS yang diwakili Oleh Kasrem 042/Gapu Letkol Arh Hary Sassono Utomo SH, meninjau langsung kegiatan simulasi ini.

Kasrem mengatakan dalam wawancaranya dengan Para awak media Kota Jambi, bahwa kegiatan simulasi ini Merupakan program Kegiatan tahun 2019.

“Kegiatan ini untuk mendriilkan, membiasakan dan membisakan prajurit dalam rangka upaya penanggulangan bencana bersama pemerintah daerah, sehingga kita tahu sambil mengevaluasi kebutuhan dan kekurangan serta apa yang perlu diperbaiki atau diperbaharui”, Ujar Kasrem .

Dua orang Pamen Pusterad Mabes TNI Letkol Inf Edi Supriyadi
Dan Mayor Inf Kayanto, turut hadir dan meninjau langsung Latihan penanggulangan bencana alam ini.

Juga hadir Dandim 0415/Batanghari, para Dan Kasatbalak jajaran Korem 042/Gapu, Kepala pelaksanaan BPBD Muaro Jambi
Bpk M, Zakir. Koordinator intelijen Kejaksaan Tinggi Prov Jambi bpk Ismail.
Selama pelaksanaan kegiatan berjalan dengan aman dan lancar.(Red/DzR)

( Penrem 042/Gapu )

Tinggalkan Balasan