Kangkangi Permendes, Kades Pulau Aro Tabir Ulu Bagikan BLT 158 Ribu Per KK

0

Siasatinfo.co.id,Merangin- Informasi tentang Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-Dana Desa) yang tertuang dalam Permendes PDTT nomor 6 tahun 2020 Perubahan atas Permendes PDTT nomor 11 tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2020.

Dan Permen No 1 tahun 2020 banyak Masyarakat yang belum memahami kajian tersebut bahwa Bantuan tersebut tidak musti harus dibagi rata, ada syarat tertentu yang bisa menerima.

Dugaan sementara Tim Siasatinfo.co.id didampingi Ketua LSM HAM Indonesia Beni Sinaga bersama Kabid Investigasinya David Hutapea menjelaskan kisruhnya bagi penerima 600.000 menjadi 155.000 per KK dipicu kurangnya sosialisasi Kebawah dari Pemdes ke Kecamatan dan pendamping desa.

Seharusnya jauh jauh hari sosialisasi tersebut sudah di ketengahkan pada masyarakat melalui edaran Surat atau pun media Sosial agar masyarakat mengetahui dan tidak gagal faham.

Sejumlah Warga Desa Pulau Aro, kecamatan Tabir Ulu, Kabupaten Merangin benar benar mengeluh atas pembagian BLT sebanyak 155.000 per KK pada Senin 11/5/20 Baru-baru ini yang heboh di portingan Facebook ada juga yang melaporkan melalui Chatt imbox ke Media ini sehingga media ini bersama rekan LSM investasi langsung ke lapangan.

Warga Menyebutkan Kepala Desa Pulau Aro melabrak Permendes No.6 Tahun 2020 sehingga kepala Desa Mengambil Kebijakan tersendiri dan membagikan BLT tersebut dari angka 600.000 menjadi 155.000 per KK.” Ini sudah sangat menyalahi aturan,” ujar masyarakat.

“kami kecewa dengan KEPDES Anas, seharusnya kades taat dengan peraturan Menteri agar kami selaku masyarakat bisa mematuhi anjuran KEPDES kami.

“ini tidak, dia yang mengetahui dia pula yang melanggar,” terang masyarakat kecewa.

Sementara itu ANAS KEPDES Pulau Aro mengatakan bahwa penyaluran bantuan BLT tersebut sebanyak 158.000 dibagikan sebanyak 677 orang Selasa 12/5/20.

Beraninya KEPDES membagikan BLT sebanyak 158.000 tersebut sesuai kesepakatan dalam Musdus bersama dengan penerima perangkat desa dan Tokoh masyarakat.

“Iya saya selaku kepala desa Pulau Aro hanya menerima Aspirasi masyarakat saya,
Biar gimanapun agar suasana Kondusif maka BLT tersebut saya bagikan 158.000x 677 orang namun dalam laporan tetap 152 orang terang KEPDES.

Lebih lanjut Yusuf Camat Tabir Ulu ketika dikomfirmasi di ruang kerjanya mengatakan…ia telah melakukan upaya pencegahan tetapi kadesnyo masih tetap melakukan pembagian tsb ucap camat.( Bayhakie)

Tinggalkan Balasan