Kangkangi Aturan Kementerian, Lampu PJU Dishub Kerinci Dipersoal

0
Ini Contoh Semrawut Pemasangan PJU Dishub Kerinci yang Bertengger di Tiang Listrik milik PT PLN. Harian Media Siasatinfo.co.id
Spread the love

Siasatinfo.co.id, Berita Kerinci – Sarat dengan kecurangan serta berindikasi penggelembungan harga per setiap titik pemasangan lampu listrik tenaga surya bagi penerangan jalan umum (PJU) dilaksanakan pihak Dinas Perhubungan Kabupaten Kerinci mencuat dan mulai dipersoal.

Sebab, pada pemasangan lampu PJU pada anggaran tahun 2020 lalu, selain mencurangi aturan pelaksanaan titik lokasi penempatan, juga berindikasi mengangkangi aturan Kementerian Perhubungan Pusat Jakarta.

Berdasarkan hasil investigasi Siasatinfo.co.id, Kamis sore ( 5/8/2021) sebanyak 17 titik lokasi penempatan tiang dijalan nasional yang dikerjakan pihak Dinas Perhubungan Kerinci sepertinya mengangkangi aturan dan spesifikasi pekerjaan fisik.

Parah lagi, PJU terpasang ditemukan dibeberapa titik sengaja dicaplok ke tiang listrik tanpa tiang. Bahkan ada juga PJU Dishub bersanding dengan lampu PJU milik Desa dari dana ADD.

Anehnya, penerangan cahaya lampu milik Desa lebih terang dari cahaya PJU produk Dishub meredup jika kita saksikan malam hari. Kuat dugaan lampu yang terpasang tidak sesuai petunjuk spesifikasinya sesuai SNI.

Informasi diperoleh dari sumber siasatinfo.co.id, Kamis (5/8/21) anggaran per setiap tiang PJU sebesar Rp 10 juta dan titik lokasi untuk Kerinci tahun 2020 sebanyak 17 tempat sesuai dengan penyelenggaraan alat penerangan jalan.

“Titik lokasi penempatan PJU Dishub sengaja melanggar aturan Kementerian Perhubungan RI.

“Mereka harus bertanggung jawab tentang pelanggaran. Karena selain lokasi menyalahi aturan prosedur kementerian, penggelembungan anggaran sudah jelas korupsi yang mesti diproses hukum,”beber sumber Siasatinfo.co.id.

Hingga berita ini dipublish siasatinfo.co.id, pihak Dishub Kerinci terkait, seperti pengguna anggaran (PA), PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) dan PPTK (Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan) belum dapat diperoleh keterangannya.(Mul/Red)

Tinggalkan Balasan