Jembatan Kayu Penghubung Nipah Panjang II Nyaris Putus

0
Spread the love

Tanjab Timur, Jambi, Siasatinfo – Jembatan Kayu Penghubung antara RT. 02/04 dengan RT. 03/04 Kelurahan Nipah Panjang ll Kecamatan Nipah Panjang Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi sangat memperihatinkan, tidak layak dilintasi dan hampir putus.

Menurut “Cik Ali” salah seorang warga setempat, jembatan kayu ini merupakan akses untuk masyarakat, kalau dilihat dari kondisinya sangat memperihatinkan dan membahayakan masyarakat yang melintasi. Jika terus dibiarkan dan tidak diperbaiki, takutnya nanti akan membahayakan. Jelasnya.

“Jembatan kayu ini digunakan jalan pintas warga untuk ke pasar dan aktivitas lainnya, selain itu juga untuk anak-anak pergi ke sekolah”. Ujarnya.

Dikatakannya pula, bahwa jembatan kayu tersebut sudah membahayakan pengendara roda dua saat melintasi terjatuh ke sungai. Maka dari itu, ia berharap jembatan kayu tersebut dapat dibangun dengan Jembatan Beton. Sebab, kalau cuma hanya direhab tidak akan tahan lama. Pintanya.

Hal ini dibenarkan oleh “Ismail” Ketua RT. 02/04 dikatakannya, jembatan kayu tersebut saat ini dengan kondisinya tidak layak dilintasi, pasalnya papan lantai jembatan yang ada sudah mulai rusak dan lapuk. Bahkan beberapa titik sudah tidak beralaskan papan lantai jembatan, karena patah dan lapuk. Bukan itu saja, kondisi jembatan kayu saat ini sudah miring dan jika dilewati jembatannya bergoyang, sehingga masyarakat yang melintasi jembatan kayu ini harus berhati-hati, karena bisa membahayakan masyarakat saat melintasi jembatan kayu ini. Ungkapnya.

“Seperti itulah kondisinya, sudah beberapa kali kita ajukan dalam musrenbang, tapi sampai saat ini belum juga ada realisasinya”. Bebernya Ketua RT. saat dikonfirmasi. Senin (2/9/2019).

Harapannya, agar Pemerintah bisa memberikan Pembangunan Jembatan Beton. Tampaknya kondisi jembatan kayu ini akan semakin memburuk jika tidak segera dilakukan Pembangunan Jembatan Beton. Di khawatirkan papan lantai jembatan beserta kayu gelagar yang berangsur rusak, hingga jembatan kayu ini tidak bisa lagi untuk digunakan atau dilintasi oleh masyarakat. Pintanya.

Menanggapi hal ini Camat Nipah Panjang “Helmy Agustinus” mengatakan, ia akan sesegera mungkin melaporkan kepada bapak Bupati. Bahwa kondisi jembatan kayu tersebut sangat memperihatinkan dan juga bisa membahayakan masyarakat. Jelasnya.

“Jadi hari ini akan saya sampaikan ke atasan. Kepada Dinas PUPR atau Dinas Perkim dimohon untuk segera mengambil langkah, apakah ini sudah masuk dalam Perencanaan. Sebab menurut Lurah, jembatan kayu ini sudah masuk dalam Perencanaan, dan InsyaAllah akan saya sampaikan ke Dinas PUPR atau Dinas Perkim. Karena, jembatan kayu ini aktif dilintasi oleh masyarakat dan bisa membahayakan untuk dilintasi oleh masyarakat”. Ungkap Camat saat dikonfirmasi awak media dilokasi.

(W. Firdaus)

Tinggalkan Balasan