Aneh! Tidak Diakui Depati 4 Alam Kerinci, Malah Gelar Demo ke PLTA Kerinci

0
Spread the love

Siasatinfo.co.id, Berita Kerinci – Aneh – aneh saja sekelompok orang yang tergabung dalam persukuan adat Ujung Kerajaan Pagaruyung ini. Sudah Tidak Diakui Depati 4 Alam Kerinci, Ujung Kerajaan Pagaruyung Malah Ikut Campur Urusan Adat.

Seperti sama-sama diketahui, Lembaga Adat Ulayat Depati Rencong Telang Ujung Kerajaan Pagaruyung Pulau Sangkar dinyatakan tidak sah dan tidak ada di Bumi Sakti alam Kerinci oleh Depati Empat Alam Kerinci.

Keputusan tersebut diberikan kepada Lembaga Adat Ulayat Depati Rencong Telang Ujung Kerajaan Pagaruyung Pulau Sangkar dalam sidang Adat Depati Empat Alam Kerinci pada tanggal 20 Desember 2020.

Lembaga Adat Ulayat Depati Rencong Telang Ujung Kerajaan Pagaruyung Pulau Sangkar diberi sanksi adat berupa beras seratus dan kerbau satu ekor. Namun tidak diindahkan.

Berselang beberapa waktu setelah itu, Lembaga Adat Ulayat Depati Rencong Telang Ujung Kerajaan Pagaruyung Pulau Sangkar malah menggelar acara adat.

Kemarin, Senin 01/03/2021, Lembaga Adat Ulayat Depati Rencong Telang Ujung Kerajaan Pagaruyung Pulau Sangkar Demo ke PLTA Kerinci di Kecamatan Batang Merangin Kabupaten Kerinci, ada dua tuntutan.

Pada poin kedua dalam tuntutan tersebut meminta kepada PT. Kerinci Merangin Hyidro (KMH) Kompensasi dengan kata lain tidak diberikan kepada kelompok yang mengaku dirinya Lembaga Adat Depati rencong Telang.

Surat pemberitahuan unjuk rasa tersebut ditandatangani oleh Saukani Azhari Depati Rencong Telang Ujung Kerajaan Pagaruyung.

Menurut Harmo Ketua Aliansi Bumi Kerinci, jelas sudah bahwa putusan sidang Adat Depati Empat Alam Kerinci tidak mengakui ada lembaga adat Rencong Telang Ujung Kerajaan Pagaruyung di Bumi Sakti Alam Kerinci.

“Aneh, sudah tidak diakui keberadaannya, malah bikin masalah. Kami meminta kepada Bupati, DPRD, Kapolres Kerinci untuk menuntas persoalan ini. Karena ini sumber masalah” tegasnya. (Sst).

Tinggalkan Balasan