Wuahc! PDAM Tirta Sakti Kerinci Raih 200 Top BUMD Terbaik Indonesia

0

Siasatinfo.co.id Berita Kerinci – Wuahc, acungan jempol atas gebrakan PDAM Kerinci, saat ini berhasil meraih urutan Top record 200 BUMD terbaik dari 1.149 BUMD yang ada di Negara Indonesia.

Andi Triputra Direktur Utama PDAM Tirta Sakti Kerinci.

Diketahui, PDAM Tirta Sakti dalam kategori The Most Admired And Reliable PDAM In Service Excellent Of The Year 2019 dari Indonesia Most Excellent Business Award masuk dalam top dan prestasi ini akan terus dipacu.

“Dalam memberikan pelayanan kepada konsumen merupakan salah satu tekad kami kedepan. Sehingga dalam pelayanan terhadap konsumen dapat dijaga. Alhamdulillah dalam kategori pelayanan publik terbaik dan handal,”kata Direktur PDAM Tirta Sakti Andi Triputra kepada Hang-tuah.com, Rabu, (4/3) diruang kerjanya.

Andi mengungkapkan bahwa, kedepan puhaknya akan memberikan pelayanan yang lebih baik lagi.

“Kita memberikan bentuk pelayanan yang lebih tinggi dari tahun kemarin. Salah satunya seperti, wilayah yang belum tercapai kita bantu. Seperti di daerah pedalaman Sungai Batu Gantih dan daerah yang belum masuk aliran PDAM,”ungkapnya.

Direktur PDAM ini juga membicarakan tentang kualitas air milik perusahaan BUMD Kabupaten Kerinci yang bergerak dibidang sosial.

“Untuk kualitas air yang kami berikan dapat terjamin oleh BPOM. Nah, kondisi ini berbeda dengan air bersih yang dikelola oleh desa seperti, PAM desa, maupun Pamsimas.

“Alasannya adalah, dalam pengelolaannya, air bersih harus ada instalasi pengelolaan air sesuai dengan Permenkes. Instansi pengelolaan air harus ada untuk menjamin kualitas air yang diberikan,”tukasnya.

Ditambahkan lagi Andi saat ini PDAM Tirta Sakti Kerinci memiliki 33. 800 pelanggan yang tersebar di tiap-tiap Kecamatan dalam Kabupaten Kerinci. Pendistribusian air bersih ini lanjutnya tetap mengupayakan hemat air.

“Kami memiliki 33.800 pelanggan. Dengan ketersediaan air bersih saat ini kami mengupayakan bagaimana menghebat air sehemat mungkin dalam mendapatkan laba dari air tersebut,”jelasnya.

“Kita salah satu PDAM terpilih masuk top 200 BUMD terbaik Indonesia dari lebih 1.149 BUMD yang diseleksi awal serta lolos seleksi tahap 1 penilaian keuangan berdasarkan data publikasi data sekuler dalam kegiatan Top BUMD award 2020,” ujar Andi lagi.

“Dengan adanya prestasi ini kita tetap berupaya meningkatkan kualitas air yang kita berikan serta memacu kinerja, kapan perlu kita kejar hingga PDAM Tirta Sakti diurutan nomor 1,” ujar Andi optimis.

Kedepan, pihak PDAM Tirta Sakti akan memberikan inovasi baru dalan mengelola manajemen serta memberikan kualitas air bersih yang lebih memadai lagi.

“Terobosan kita, pertama,menertibkan meter konsumen. Agar ada perubahan pendapatan PDAM, kedua, mengucangi tinggat kebocoran air. Dengan kebocoran kecil konsumsi masyarakat akan lebih tinggi. Hampir 50 persen selama ini pipa yang ada itu bocor. Yang disebabkan oleh ilegal koneksi atau pencurian air bersih,”tukanya.

“Mengganti jaringan perpipaan juga demikiaan, karena ada jaringan yang sudah tidak layak pakai lagi. Seperti pipa setengah inci minimal untuk lima rumah, ini malah lebih,”jelasnya.

Terobosan ini lanjut Andi, pihak PDAM Tirta Sakti Kerinci juga akan meminimalisir tagihan terhadap pelanggan.

“Kemudian nanti, kami juga akan memperkecil tunggakan para pelanggan. Tunggakan pelanggan hampir mencapai Rp. 2,7 milyar. Ini yang akan kami tertibkan,”bebernya.

Disamping itu, dalam menunjang keberhasilan PDAM Tirta Sakti kedepan pihaknya juga meminta bantuan dari pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi.

“Pemerintah provinsi untuk sarana prasarana penunjang PDAM, pipa dan asesoris lainnya pada tahun 2020 ini, pemerintah pusat ada dua proposal sudah diajukan.

Untuk pemerintah provinsi ada tiga, optimalisasi Talang Kemulun, Pipanisasi di Pulau Tengah, Tanjung Pauh, dan Sistem Penyediaan Air Bersih (SPAM),”ungkap Andi. (Ratu/Red).

Tinggalkan Balasan