Tercatat 4 Meninggal Insiden di Capiton Hill, Usai Rusuh Menhub AS Nyatakan Mundur Dari Jabatan

0
Pendukung Donald Trump bentrok dengan aparat, tercatat 4 orang korban meninggal dunia.
Spread the love

Siasatinfo.co.id, Jakarta – Tercatat hingga saat ini setidaknya 4 orang meninggal dunia dari insiden kerusuhan di gedung kongres Capiton Hill yang mengakibatkan bentrok massa dengan aparat.

Imbas dari kerusuhan itu, Elaine Chao yakni, Menteri Perhubungan Amerika Serikat, mengundurkan diri setelah insiden penyerbuan gedung Kongres AS di Washington D.C., oleh para pendukung Presiden Donald Trump.

Pendukung Trump Serbu Gedung Kongres dan Bentrok Massa dengan Aparat Tak Terelakkan.

“Saya sangat terusik dengan serangan itu dan tidak bisa mengabaikannya begitu saja,” kata Chao, seperti dilansir Reuters, Jumat (8/1).

Chao menyatakan dia akan melepas jabatannya terhitung mulai Senin (11/1) pekan depan. Dia adalah istri dari Pemimpin Mayoritas Senat AS dari Partai Republik, Mitch McConnell.

McConnell adalah salah satu senator yang sempat memperdebatkan hasil Pilpres AS 2020 dalam sidang di Kongres.

Sejumlah pejabat Gedung Putih juga dilaporkan mengundurkan diri akibat kejadian itu.

Mereka adalah Penasihat Keamanan Nasional Robert O’Brien, Wakil Penasihat Keamanan Nasional Matt Pottinger, dan Wakil Kepala Staf Gedung Putih Chris Liddell.

Insiden unjuk rasa pendukung Trump yang berujung kerusuhan dan penyerbuan ke Gedung Kongres membuat rapat pengesahan hasil Pilpres AS harus ditunda (reses).

Aparat kepolisian terlibat bentrok dengan para pendukung Trump yang berkumpul dan berunjuk rasa di Washington D.C. Sebagian dari mereka berasal dari kelompok milisi dan organisasi masyarakat sayap kanan dan supremasi kulit putih seperti Proud Boys.

Para pendukung Trump menolak pengesahan hasil Pilpres 2020, yang dimenangkan oleh politikus Partai Demokrat Joe Biden, oleh Kongres. Sampai saat ini tercatat ada empat orang yang meninggal dalam bentrokan seperti dilansir dari Cnn Indonesia.

Setelah sidang dilanjutkan usai reses akibat kerusuhan, Kongres AS mengesahkan hasil pilpres 2020 dan menetapkan Biden dan Kamala Harris sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

Sementara itu,Kedutaan Besar RI untuk Amerika Serikat mengimbau seluruh warga Indonesia di Washington D.C mematuhi jam malam yang diterapkan imbas kerusuhan pendukung PresidenDonald Trump di Gedung Capitol Hill pada Rabu (6/1).

KBRI mengatakan curfew tersebut berlaku sejak Rabu pukul 18.00 waktu lokal sampai s.d. Kamis (7/1) pukul 06.00.

(Ynr/Red).

Tinggalkan Balasan