Sekitar 60 Rumah di Pesisir Laut Tanjabtim Ludes Diamuk Api

0
Spread the love

Siasatinfo.co.id, Berita Tanjabtim,– ludes 60 rumah lebih milik warga, diamuk sijago merah yang membumbung tinggi itu, terjadi pada warga kampung perairan, di pesisir laut utara, kawasan Parit 6 Desa Pangkal Duri, Kecamatan Mendahara, Kabupaten Tanjung Jabung (Tanjabtim), Prov Jambi, ludes terbakar, Jumat (10/5) dini hari.

 

Dari hasil laporan Tim Basarnas Jambi, kebakaran tersebut, baru tercatat menghanguskan 50 unit rumah di kawasan kampung perairan, Mendahara itu terjadi sejak Jumat dini hari, sekitar pukul 01.20 WIB.

Setidaknya ada 192 jiwa kehilangan tempat tinggal atau 62 rumah ludes terbakar. Api menghabiskan rumah di sepanjang pasar Dusun Duri 1 dan Dusun Duri 2.

Sementara api baru dapat dipadamkan pukul 07.30 WIB. Hingga kini belum diketahui ada korban jiwa atau tidak dalam musibah itu.

Berhasil diperoleh beberapa keterangan, sumber api berasal dari salah satu rumah warga di pesisir laut utara, kawasan Parit 6 Desa Pangkal Duri, Kecamatan Mendahara. Namun hingga saat, awal dari apa penyebab terjadinya kebakaran di RT 1 Dusun Duri belum diketahui persis.

Menurut Wandi dan beberapa warga Tanjabtim, mengatakan, kebakaran terbesar ini akibat dari lokasi jalan sempit yang aksesnya tertutup bagi mobil kebakaran.

“Banyak rumah terbakar karena akses yang tidak bisa dilewati untuk pemadaman kebakaran ke tempat kejadian. Warga hanya bisa pasrah dan berlarian ke tempat yang lebih aman guna menyelamatkan diri,” ujar beberapa warga setempat.

Diketahui, jarak lokasi kebakaran dari pusat Kota Jambi memerlukan waktu tempuh sekitar empat jam berkendaraan dan harus melalui jalan darat dan laut.

Pada awalnya, api berasal dari salah satu rumah warga. Namun di dorong kencang tiupan angin laut rembesan api cepat menjalar keseluruh rumah warga.

” Selain angin laut, cepat merembetnya api  ini dipicu karena rumah warga sini kebanyakan panggung. Posisinya juga berdempetan dan terbuat dari kayu, sehingga api begitu cepat menjalar dari satu rumah ke rumah lainnya,” ujar wandi Tanjabtim.

Lantas dengan tiupan angin laut membuat kobaran api membumbung tinggi dengan cepat membakar satu per satu sekitar kawasan tersebut. Kobaran api dilaporkan juga sempat menjalar sampai ke kawasan RT 04 Dusun Duri 2 Pasar Pangkal Duri.

Hingga pagi tadi pihak Pemkab Tanjab Timur bersama – sama, kepolisian, dan Basarnas, masih berada di tempat kejadian guna membantu para korban. Sementara itu, pihak penyidik dari Polres setempat, tengah menyelidiki penyebab musibah kebakaran ini. (Red).

 

.

Tinggalkan Balasan