Pjs Kades Harapan Makmur Minta Masyarakat Bersinergi dalam Musdes RKPDes Tahun 2020

0
Spread the love

Jambi, Tanjab Timur, Siasatinfo – Guna menyerap segala usulan masyarakat, dalam rangka penyusunan program pembangunan Desa RKPDes di tahun 2020. Pemerintah Desa Harapan Makmur bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan masyarakat, Kamis siang (1/8/2019) menggelar Musyawarah Desa (MusDes) bertempat di Aula kantor Desa Harapan Makmur Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi.

Dalam sambutannya PJS Kepala Desa Harapan Makmur “H. Siahaan” menyampaikan, kegiatan hari ini merupakan proses menindak lanjuti hasil Musyarawah Dusun (MusDus) yang dilaksanakan beberapa waktu lalu, dan hasil dari MusDus tersebut tentunya sudah menjadi kebutuhan masyarakat yang diprioritaskan. Maka dari itu, harus ada perencanaan terlebih dahulu.Tanpa perencanaan tidak akan ada pembangunan. Semua hasil usulan itu nantinya harus menjadi kesepakatan bersama. Pintanya.

“Harapan saya kalau bisa usulan itu jangan ke Fisik semua, tolong pikirkan Sumber Daya Manusia (SDM) juga. Untuk apa pembangunan kalau sumber daya manusianya lemah. jika setiap Desa sumber daya manusianya baik, tentunya pembangunan juga akan baik”. Imbuhnya PJS Kades.

Lanjut PJS Kepala Desa Harapan Makmur menyampaikan, bilamana BUMDes Harapan Makmur sudah mulai berjalan, agar kiranya lebih dikembangkan lagi, karena BUMDes adalah salah satu Pendapatan Asli Desa (PAD). Dengan harapan nantinya bisa mensejahterakan masyarakat yang ada di Desa, maka dari itu berdayakanlah BUMDes untuk Pendapatan Asli Desa (PAD). Harapnya.

“Apabila nantinya Dana Desa (DD) sudah tidak ada lagi, harapannya BUMDes itu bisa turut mensejahterakan masyarakat Desa dan sebagai salah satu sumber anggaran pembangunan”. Ujarnya.

Dikatakannya pula, usulan program kerja untuk tahun 2020 merupakan langkah awal dalam rangka melaksanakan program kerja Pemerintahan Desa setiap tahunnya dengan menyerap aspirasi dari segala elemen masyarakat.

Saya sangat menyetujui usulan yang masuk, namun dengan tetap mendahului yang menjadi skala prioritas. Pada intinya, pihaknya mendukung program-program yang diajukan dalam MusDes. Mengingat banyaknya usulan dari masyarakat, maka ada skala prioritas yang akan digunakan. Jelasnya.

“Saya juga berharap, masyarakat harus bersinergi untuk pembangunan yang ada di Desa Harapan Makmur, agar Roda Pemerintahan berjalan dengan baik dan lancar, “ujarnya.

Selanjutnya Ketua BPD “Heru Sutopo” mengatakan, MusDes adalah proses musyawarah antara BPD, Pemerintah Desa dan unsur masyarakat yang diselenggarakan BPD untuk menyepakati hal yang bersifat strategis. Selain itu, melalui MusDes ini, masyarakat bisa memberikan usulan-usulan sehingga mendapat kesepakatan dalam menentukan prioritas dalam melakukan pembangunan di Desa. BPD mengajak semua unsur yang terkait, untuk saling bersinergi dalam membangun Desa dari usulan-usulan yang telah di serap, tentunya harus mendahulukan yang paling diperlukan masyarakat dan mengacu pada RPJMDes yang telah disusun. Pintanya.

“Untuk pembanguan infrastruktur kita harus prioritaskan hal yang mendesak dan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat”. Ungkapnya BPD.

Tampak hadir dalam MusDes tersebut, PJS Kepala Desa Harapan makmur “H.Siahaan”, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Pendamping Desa, Kadus, RT, Unsur Kesehatan dan Pendidikan, Kader PKK, Kader Posyandu serta tenaga PAUD.

(W. Faradise)

Tinggalkan Balasan