Lagi.!!! Ponton Batu Bara Tabrak Dermaga Beton Di Tanjab Timur

0
Spread the love

Jambi, Tanjab Timur, Siasatinfo.co.id – Ponton tarik bermuatan batu bara di kabarkan menabrak dermaga yang berada di Desa Rantau Makmur Kecamatan Berbak Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi, (13/12/2019).

Menurut keterangan Camat Berbak “Muhammad Yani” saat dikonfirmasi melalui WhatsApp (16/12/2019), membenarkan kejadian tersebut. Dikatakannya, sudah diadakan pertemuan dengan pihak agen kapal, untuk membahas terkait kejadian tersebut.

“Iya. Kejadiannya dinihari Jumat pukul 03.00 Wib subuh, kemarin sudah ada pertemuan hari Jumat itu dengan agen kapal. InsyaAllah minggu depan pihak agen kapal itu akan ke Berbak untuk menghitung kerugian dan anggaran biaya perbaikan”. Ungkap Camat.

Sementara itu Kapolsek Berbak saat dikonfirmasi sama-sama melalui pesan WhatsApp (16/12/2019) menjelaskan, bahwa kejadian Laka Air sekira pukul 03.00 Wib (13/12/2019). Yang mana mengakibatkan Dermaga SK 07 Desa Rantau Makmur mengalami kerusakan, di tabrak oleh sebuah Ponton/tongkang.
Data – data Ponton/tongkang yang berhasil dihimpun :
Nama Tag Boat : Johan jaya 112
Nama Ponton/Tongkang : Kapuas jaya 3112
KEP. An. Sudirman
Pemilik PT. Kapuas jaya
Otner :  Admiral An. Pak Nanang

Sedangkan Kronologis kejadian, dimana pada waktu itu Tag boat Johan jaya 112 yang hendak berlayar membawa batu bara dari Pelabuhan Talang Duku  Kabupaten Muaro Jambi  menuju Pelabuhan Ratu Sukamaju Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat.

Pada saat melintasi Kecamatan Berbak, tiba-tiba di depan Dermaga SK 07 Desa Rantau Makmur Kecamatan Berbak, ada sebuah Tag Boat Safira dan Tag Boat Calvin yang hendak keluar menuju ke laut mengalami kandas, sehingga Tag Boat tersebut berhenti.
Akan tetapi Tag Boat Johan Jaya 112 mencoba memaksakan melewati Tag Boat Safira dan Tag Boat Calvin yang sedang mengalami kandas, akhirnya Tag Boat Johan Jaya 112 juga turut mengalami kandas. Sehingga Ponton/tongkang Kapuas Jaya 3112 terlempar ke tepi sungai Batang Hari, dan menabrak Dermaga Beton SK 07 Desa Rantau Makmur yang memiliki ukuran Panjang ± 12 M dan Lebar : ± 15 M.

Beruntung tidak terdapat korban jiwa, sementara kerugian Dermaga belum diketahui, kejadian Laka Air ini sudah di tangani oleh Direktorat Pol Airud Polda Jambi.

(Firdaus Faradise)

Tinggalkan Balasan