Lagi, Aksi Dua Desa di Pondok Tinggi Sungai Penuh Tolak Fiyos

0
Spread the love

Siasatinfo.co.id Berita Sungai Penuh – Lagi, aksi dua desa dikecamatan Pondok Tinggi, Kota Sungai Penuh menolak acara  Cawako Fikar – Yos nomor 2 direncanakan hari ini, Selasa (10/11/2020) terjadi Senin malam tadi sekitar pukul 21:00 wib.

Sebelumnya, pada 31 oktober aksi penolakan terhadap Fiyos juga terjadi di Desa Lawang Agung Pondok Tinggi.

Berhasil dihimpun, informasi aksi penolakan dilakukan oleh dua masyarakat Desa Koto Lebu dan Desa Karya Bakti, kecamatan Pondok Tinggi, Kota Sungai Penuh.

Aksi penolakan Fiyos malam tadi dibarengi dengan membentangkan spanduk yang bertulisan tidak menginginkan Fiyos, Senin malam (9/11/20).

Diketahui, dalam video  berdurasi 22 detik yang beredar menyebutkan “Kami atas nama masyarakat Desa Karya Bakti dan Koto Lebu, menolak dengan keras kedatangan tim Fiyos.

“karena ini keputusan lembaga adat depati payung pondok tinggi. Ini daerah kami, kami tetap dengan pendirian. Takbir, allahuakbar,” tegas salah satu warga Pondok Tinggi seperti dikutip Lensainfo.id.

Pernyataan aksi penolakan mereka terhadap pasangan Cawako nomor urut 2, berdasarkan Surat depati 11 perut dan Ninik Mamak yang berempat.

Surat tersebut diketahui oleh Lembaga Adat Depati Payung Pondok Tinggi pada tanggal 2 November 2020.

Perihal tujuan Kapolres Kerinci tentang keamanan dan kertertiban Wilayah Adat Depati Payung Pondok Tinggi.

Point terakhir dituliskan, “apabila kegiatan tersebut tetap dilaksanakan kami kuatir akan menimbulkan potensi gangguan keamanan dan kenyamanan di wilayah adat yang kami pimpin,”dikutip pada surat lembaga adat Depati Payung Pondok Tinggi.(Dfi/Red).

Tinggalkan Balasan