Dua Polindes di Mendahara butuh Akses Jalan

0
Spread the love

Siasatinfo Tanjabtim – Pondok Bersalin Desa atau disingkat dengan “POLINDES” adalah salah satu bentuk peran serta masyarakat dalam menyediakan tempat pertolongan Persalinan dan Pelayanan kesehatan ibu dan anak termasuk Penyuluhan tentang KB di Desa, Polindes dirintis dan dikelola oleh Pamong Desa setempat.

Idealnya suatu Polindes harus mempunyai Bangunan tersendiri, namun bisa juga menumpang disalah satu Rumah Warga atau bergabung dengan kediaman Bidan di Desa, yang tentunya masih dibawah pengawasan dokter Puskesmas setempat.

Selain itu, yang perlu juga menjadi perhatian, dimana kenyamanan dan Pelayanan terhadap Pasien perlu menjadi tujuan utama, karena kenyamanan terdampak pada Kesehatan Pasien yang melakukan Pengobatan.

Contohnya, Polindes Simpang Tabu Dusun Macoli Laloe dan Polindes Parit Pulau Dusun Baru Desa Lagan Ilir Kecamatan Mendahara Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi.

Di dua Polindes ini terlihat suasana Pekarangan dan Jalan di dalam lingkungan Polindes digenangi air hujan alias Kebanjiran.

Dengan kondisi yang demikian di khawatirkan akan berdampak timbulnya penyakit Alergi gatal-gatal maupun penyakit Kulit lainnya serta tidak nyamannya Pasien yang hendak membutuhkan Pelayanan Kesehatan.

Menurut keterangan dari Warga  Ambo Wero saat dikonfirmasi Awak Media (15/2), saat ini Pekarangan dan Jalan menuju Polindes telah digenangi Air dan ditambah lagi saat ini adalah musim air Pasang.

“Gimana mau berobat, Pekarangan dan Jalan menuju Polindes  sekarang digenangi Air, jadi bukannya berobat malahan Penyakit yang ada bisa bertambah, “Ujar Ambo Wero yang kediamannya bersebelahan dengan Polindes Simpang Tabu.

Sementara itu keterangan Bidan Polindes Simpang Tabu Melli Rosita, A. Md. Keb, menuturkan, pihaknya sudah mengajukan Permohonan kepada Kepala Puskesmas Kecamatan untuk Pembangunan jalan menuju Polindes pada 2018 yang lalu.

“Ya,Kita sudah mengajukan Anggaran Ke Kecamatan pada Tahun 2018 yang lalu untuk Pembangunan Jalan menuju Polindes ini,sekarang Kita sedang menunggu Realisasinya” tutur Bidan

“Pada saat ini, kalau hari panas, baru lah bisa agak Kering dan itupun masih dalam kondisi becek, tapi tetap dilalui warga yang hendak berobat. “Lanjutnya

Dengan melihat kondisi yang demikian, diharapkan akses menuju Polindes tersebut dapat segera terealisasi demi terciptanya kenyamanan bagi warga atau pasien yang hendak berobat, selain itu pelayanan kesehatan di masyarakat dapat berjalan seperti yang diharapkan.(Faradise)

Tinggalkan Balasan