Balap Sepeda Internasional Tour de Singkarak! di Prediksi Ratusan Ribu Warga Kerinci Tumpah Ruah Sepanjang Rute

0
Spread the love

Siasatinfo.co.id, Berita Kerinci,-Diperkirakan ratusan ribu warga Kerinci – Jambi akan tumpah ruah disepanjang jalan yang dilewati para Pembalap Sepeda Internasional, ‘Tour de Singkarak’, pada Jum’at ( 08 Nov 2019).

kolase Siasat Info.

 

Beruntung bagi warga Kerinci dan Kota Sungai Penuh, atas penetapan rute baru dapat berlangsung di daerahnya. Karena perhelatan event besar Tour de Singkarak 2019, diikuti para Pembalap Sepeda Internasional.

Lomba balap sepeda internasional Tour de Singkarak 2019 akan memiliki rute baru. Jika sebelumnya hanya rutenya dalam provinsi Sumbar saja, tahun ini bertambah hingga ke provinsi tetangga, Jambi.

Saat ini, Pemerintah Provinsi Sumbar dan Jambi sedang membahas persiapan matang rute baru itu yaitu, Sungai Penuh Jambi-Muaro Labuh Sumbar.

“Keinginan Jambi untuk ambil bagian di TdS ini sudah ada tahun lalu. Namun tahun ini baru kita bicarakan serius,” kata Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit.

Disebutkannya, TdS merupakan even kebanggaan di Sumbar yang telah mendunia karena diikuti pebalap sepeda berkelas internasional. Adanya provinsi lain ingin ikut serta sebagai daerah yang dilalui rute pebalap itu merupakan hal yang baru dalam pelaksanaanya.

Sementara itu, Ir.Budi Sumiharjo, M.Eng,sc, kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) IV Jambi dan Kepulauan Riau, melalui Via WhatsApp nya kepada Redaksi Siasat Info menyebutkan, untuk persiapan Tour de Singkarak, pelaksanaan tambahan dana khusus belum bisa dilaksanakan tahun ini.

“Untuk tambahan dana dan pelaksanaan tambahan secara khusus belum dapat dilaksanakan Tahun ini, karena terkendala pada pengusulan paket,” Budi Sumiharjo.

Diuraikan Budi kepada Siasat Info yakni, 1. Salah satunya karena pengusulan paket timbul setelah paket – paket TA 2019 sudah berjalan. (Usulan paket belum dibahas dalam Konreg/Musrenbang TA 2018).

2. Hasil survey kondisi memerlukan paket baru karena memerlukan alokasi yang relatif besar. Dan ini tidak cukup untuk hanya dilakukan melalui pada adendum kontrak yang berjalan. 3. Keterbatasan pendanaan APBN dan adanya kebutuhan prioritas lainnya secara nasional.

4. Kebijakan tidak ada paket yg tidak selesai TA2019, keterbatasan waktu pengadaan dan pelaksanaan, serta rescoping longsegmen yg berjalan.

Untuk itu yang dilakukan adalah *mengoptimalisasi* paket longsegmen yg berjalan, dan memprioritaskan pada usulan Tahun 2020.

“Informasi dari penyelenggara kemungkinan tetap akan dapat melalui Kerinci dengan etape yang lebih pendek, dengan melangkahi etape yang riskan dan ini juga dilakukan di sisi Sumbar,” Ungkap Kepala BPJN IV Jambi dan Kepulauan Riau.

Direncanakan pebalap TdS 2019 akan melewati dua etape di Jambi dengan rincian etape Kabupaten Kerinci: Start di DTW Pemkab Kerinci, Air Terjun Telun Berasap dan finis di Danau Kerinci.

Etape Kota Sungai Penuh; star Lapangan Mardeka Sungai Penuh dan Finish Pantai Carocok Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar.

Etape 7-8 Kerinci dan Sungai Penuh. Siasat Info.

Berikut rencana rute Tour de Singkarak 2019, Etape LterW – Danau Kerinci 2019 100KM.

STAR leter W air terjun telun berasap > simpang macan > gunung labu > giri mulyo > patok empat > bento > batu hampar > lubuk nagodang > bukit tengah > tutung bungkuk > simpang blui > betung kuning > angkasa pura > simp.sebukar > tanjung tanah > FINIS dermaga danau kerinci. (Red).

Tinggalkan Balasan