Agar Tak Gagal Paham, Suku Kerinci Tercatat Tertua Dunia dan Indonesia

0
Ciri Khas Suku Kerinci.
Spread the love

Siasatinfo.co.id, Suku Tradisonal Kerinci – Agar tidak gagal paham soal sejarah Suku dan Tradisional Adat Istiadat Budaya Bumi Sakti Alam Kerinci, mestinya pihak Pimpinan Daerah mulai tingkat Desa/Negeri Se Kabupaten Kerinci, perlu tahu persis soal asal – usul kesukuan masing – masing hunian negeri.

Seperti Keberadaan rumah adat, itu hanya bagian kecil dari tradisi suku-suku di Indonesia yang jumlahnya ribuan. Semua suku memiliki kelebihan dan tradisinya masing-masing tak terkecuali soal rumah adat.

Sebuah catatan sejarah, ternyata Suku Kerinci adalah termasuk Suku tertua di Dunia yang perlu diketahui generasi muda saat ini.

Karena, bisa saja lambang rumah adat istiadat daerah lain malah dijadikan kambing hitam oleh sebagian oknum ingin memperjual belikan nama Suku Kerinci.  Berikut suku-suku tertua di Indonesia:

  1. Suku Kerinci –
    Ciri Khas Suku Kerinci. Suku ini juga merupakan suku tertua di dunia yang hidup hingga saat ini. Pasalnya, suku yang mendiami wilayah Sumatra Selatan di wilayah dataran tinggi Gunung Kerinci ini sudah ada sebelum Suku Inka dan Indian mendiami Benua Amerika.

    2.Suku Wajak –

    Ciri Khas Suku Wajak. Suku ini menduduki posisi pertama dalam urutan suku tertua di Indonesia. Suku ini menidami wilayah yang ada di Kota Tulungagung yang ada di Jawa Timur. Namun, keberadaan suku ini sudah hilang dan tidak ada yang mengetahui suku ini dengan jelas. Bahkan sejarah dan seluk beluk suku ini juga tidak jelas sama sekali.

3. Suku Baduy –

Ini Khas Suku Baduy

Suku ini mendiami wilayah yang ada di Jawa Barat. Menurut cerita yang tersiar di sekitar masyarakat, suku ini wajib menjaga alam sekitar dan lingkungannya. Dalam kesehariannya, Suku Baduy tidak pernah mengenakan alas kaki saat beraktivitas di luar rumah.

4. Suku Melayu –

Khas Suku Melayu.

Suku ini sudah ada sejak abad kesebelas di Indonesia dan terkenal sampai ke beberapa negara bahkan suku ini juga sudah tersebar sampai ke Benua Eropa. Suku Melayu merupakan satuan kelompok etnis yang berasal dari orang-orang Austronesia yang sampai sekarang menghuni wilayah Semenanjung Malaysia, wilayah timur bagian Sumatra dan wilayah-wilayah lain di sekitar Pulau Sumatra.

5. Suku Dani –

Ciri Khas Suku Dani di Papua.

Suku Dani yang berada di Papua ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu di Lembah Baliem. Mata pencaharian suku ini dikenal dengan cara bercocok tanam.

6. Suku Dayak –

Ciri Khas Suku Dayak di Kalimantan.

Suku Dayak sudah ada sejak 2000 tahun sebelum masehi. Namun, asal-usul Suku Dayak ini juga masih belum pasti karena muncul berbagai macam pendapat tentang suku ini. Wilayah kediaman Suku Dayak biasanya berada di pedalaman Pulau Kalimantan khususnya di Kalimantan Barat.

7. Suku Jawa –

Ini Ciri Khas Suku Jawa.

Suku Jawa merupakan suku tertua di Indonesia juga. Suku ini mendiami Pulau Jawa sejak zaman kerajaan Hindu -Budha. Suku ini memiliki pengaruh besar di Indonesia karena hampir sebagian wilayah di Indonesia ini dihuni oleh Suku Jawa. (Ncoe/red).

Tinggalkan Balasan