Terhitung Hari Menjabat, Kades Pematang Rahim Benahi Peningkatan Pelayanan Masyarakat

0
Spread the love

SIASATINFO.CO.ID, TANJAB TIMUR – Terhitung hari pasca dilantiknya Kepala Desa Pematang Rahim Kecamatan Mendahara Ulu Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi, telah melakukan perubahan di sektor pemerintahan Desa. Terutama peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) perangkat Desa.

Dibawah kepemimpinannya, dia ingin mewujudkan Visi Desa Pematang Rahim yang Bersih, Dinamis, dan Religius. Dalam hal ini dimulai dari pembenahan Sumber Daya Manusia (SDM) perangkat Desa, dimana tujuan utamanya adalah terkait dalam peningkatan pelayanan masyarakat.

Selain itu juga, beliau tidak akan mengenyampingkan dalam pengelolaan Anggaran Desa, baik itu bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD), dan Dana Desa (DD) maupun dari Dana lainnya yang berkaitan dengan Desa.

Hal itu mengacu pada prinsif Demokrasi, Partisipasif, Terbuka, dan Akuntabilitas. Intinya, yang mana dalam pengelolaan tersebut. Akan dilakukannya secara Transparan, Terbuka, dan dapat dipercaya kepada masyarakat.

Hal ini, dikemukakan Kepala Desa Pematang Rahim “M. Dong” saat disambangi Awak Media dikantor Desa. Selasa (21/01/2020). Beliau berharap dengan Visi-misinya, apa yang diniatkan mendapat dukungan dan Support dari masyarakat.

“Yang paling utama yang saya lakukan adalah, pembenahan dan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui bidang Pendidikkan, bidang Kesehatan, bidang Ilmu Pengetahuan Tekhnologi dan Informasi. Tekhnisnya nanti, akan melakukan sosialisasi berkerja sama dengan sekolah-sekolah formal dan non formal (Negeri dan Swasta)”. Kata M.Dong

“Hal ini dalam rangka meningkatkan Kuwalitas Pendidikkan Sarpras yang dibutuhkan, dan selain itu juga akan meningkatkan berupa bantuan Beasiswa bagi Siswa/i yang kurang mampu dan berprestasi”. Lanjut M. Dong.

“Untuk bidang Kesehatan, kami akan melakukan penguatan dan pengembangan bagi kader Posyandu dengan melalui pelatihan-pelatihan dan perbaikkan Gizi untuk pencegahan Stunting serta peningkatan pola hidup bersih dan sehat. Hal ini juga untuk Bedah Rumah, melalui Dana Desa dan mengupayakan dengan program lainnya. Dalam rangka pengentasan kemiskinan, akan melakukan pelatihan dalam rangka peningkatan pengetahuan tekhnologi dan informasi bagi masyarakat”. Terang M. Dong.

“Dari segi kepemudaan, kami akan melakukan Pemberdayaan, Pembinaan Pemuda dan Olahraga serta Organisasi Kepemudaan. Dari segi ekonomi masyarakat, dan Pendapatan Asli Desa (PAD) juga akan kami tingkatkan melalui sektor usaha. Seperti Pertanian, Perkebunan, Peternakan, Perikanan dan Usaha Produktif lainnya sesuai dengan Potensi Desa”. Pinta M. Dong.

“Yang paling penting lagi, akan kami benahi adalah. Terciptanya masyarakat yang Kondusif, Agamis, Toleransi dalam Kehidupan Beragama dan Berbudaya.

Kita juga akan membentuk forum diskusi, dalam rangka penyelesaian konflik sosial dengan mengedepankan pendekatan persuasif dan atau musyawarah.

Untuk mengupayakan terbentuknya Majelis Pengajian, dalam rangka Peningkatan Pengetahuan dan Pendidikkan Agama. Dalam hal ini juga untuk Pengembangan Kebudayaan Desa sesuai dengan kearifan lokal, serta melakukan sosialisasi masyarakat sadar Hukum”. Ujar M. Dong.

Penulis : Firdaus Faradise

Tinggalkan Balasan