Pentingnya Perencanaan Pembangunan Desa, LCKI Adakan Kegiatan Program Bimtek

0

Jambi, Tanjab Timur, Siasatinfo.co.id – Lembaga Cegah Kejahatan Indonesia (LCKI) atau Indonesia Crime Prevention Foundation (ICPF),
adalah Lembaga Non-Pemerintah yang bergerak di bidang pencegahan kejahatan, berperan sebagai fasilitator dalam upaya pencegahan kejahatan dengan kerjasama dan keterpaduan dari berbagai pihak serta unsur masyarakat dalam pendekatan terhadap masalah pencegahan kejahatan secara komprehensif, guna terciptanya keamanan dan ketentraman dalam masyarakat demokratis.

Pentingnya Perencanaan Pembangunan Desa, untuk menunjang peningkatan kapasitas dari masing-masing Sumber Daya Manusia (SDM), yang dalam hal ini adalah Aparatur Pemerintah Desa yang jadi pelaksana aktif di dalam proses Perencanaan Pembangunan Desa.

LCKI DPD Provinsi Jambi dan Kabupaten mengadakan Program Bimtek Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa di beberapa Kecamatan yang terdiri dari Kecamatan Geragai, Kecamatan Mendahara, Kecamatan Mendahara Ulu serta Pemerintahan Kelurahan dan Pemerintahan Desa Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi. Acara Program Bimtek ini di selenggarakan di Gedung Kantor Kecamatan Geragai, Senin (15/7/2019).

Acara Program Bimtek ini di hadiri oleh Ketua LCKI DPD Provinsi Jambi, Ketua Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kabupaten Tebo dan beserta jajarannya, Camat Geragai, Camat Mendahara Ulu, Sekcam Mendahara, Lurah dan Kepala Desa serta jajaran.

Tujuan Bimtek ini, untuk memberikan pemahaman yang lebih komprehensif mengenal Peraturan Perundang-undangan yang berkaitan dengan Pemerintahan Desa, untuk meningkatkan kemampuan dasar dan kemampuan teknis Aparatur Pemerintahan Desa yang berkompeten, berkualitas dan profesional.

Meningkatkan kapasitas kinerja penyelenggaraan Pemerintah Desa ke arah yang lebih baik dalam tata kelola Pemerintahan yang bersih, transparan dan akuntabel. Meningkatkan kapasitas dan kualitas SDM Perangkat Desa dalam melaksanakan Pembangunan yang berorientasi pada kondisi rill masyarakat Desa, peserta pelatihan mampu memahami tentang kebijakan penyaluran Dana Desa berbasis apilsasi/simtem informasi Desa “SID” dan meningkatkan kemampuan Aparatur Desa dalam menggerakkan memotivasi masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan Pembangunan di wilayahnya juga mampu menyerap mengimplementasikan pengetahuan yang di peroleh dari pelatihan untuk menjadi pedoman dalam pelaksanaan tugas sehari-hari, agar penggunaan dan pemanfaatan Dana Desa dapat tepat guna menunjang terciptanya tertib Hukum di Desa.

“Kegiatan-kegiatan yang dilakukan Lembaga Cegah Kejahatan Indonesia (LCKI) semata-mata ingin memanfaatkan segala potensi dan sumber daya yang dimiliki untuk membangun dan mengembangkan ide/pemikiran, pelibatan dan pemberdayaan masyarakat bagi upaya pencegahan kejahatan antara lain dengan memberikan sumbang saran kepada Pemerintah dan Aparat Penegak Hukum guna terciptanya keamanan dan kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia sesuai dengan Visi Misi LCKI. Terang Mappangara Ketua DPD LCKI Provinsi Jambi.

Lembaga ini untuk membantu Pemerintah dan membantu Kepolisian dalam rangka cegah kejahatan secara Hukum. ini juga Bakal terjadi ada tindak-tindakan yang tidak sengaja maupun tidak terduga tentang Anggaran Dana Desa yang begitu banyak (Milyaran).

Lembaga Cegah Kejahatan Indonesia (LCKI) ini juga sudah mengirimkan surat secara resmi ke Bupati Tanjung Jabung Timur untuk mengajukan Program Bimtek, Program Bimtek ini skala Kabupaten semoga disetujui dasar tujuan dengan Kepala Desa, Camat dan Kepala Dinas PMDK Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Harapnya Ketua DPD LCKI Provinsi Jambi.

Ketua LCKI Kabupaten Tanjung Jabung Timur “Syamsudin Wahid” mengatakan, dengan adanya acara sosialisasi Program Bintek, Lembaga Cegah Kejahatan Indonesia (LCKI) Provinsi maupun Kabupaten siap membantu untuk mengawasi dan monitoring kegiatan Desa.
LCKI ini Visinya berperan serta secara aktif dalam mewujudkan masyarakat demokratis yang terhindar dari kejahatan dan ketidaktertiban, (Crime and disorder).

Berkontribusi dalam mewujudkan masyarakat yang bermartabat, tertib, damai, aman dan tentram.

“LCKI ini juga berperan aktif dalam membantu system peradilan pidana dalam mewujudkan masyarakat yang terhindar dari kejahatan dan ketidaktertiban.” Ujarnya Ketua LCKI Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Camat Geragai ” Suwandi” menyampaikan, sangat mendukung sepenuhnya acara sosialisasi Program Bimtek ini kepada Lembaga Cegah Kejahatan Indonesia (LCKI) dengan Program-program pendampingan masyarakat Desa dan Kelurahan dalam rangka penggunaan Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD). Karena, banyak kita kuatirkan dari para Kepala Desa ini takut terjerumus pada hal-hal yang negatif atau yang tidak sesuai dengan aturan, kami akan mendukung penuh atas mengadakan sosialisasi ini. Mudah-mudahan para Kepala Desa dan Kelurahan akan terselamatkan dari Hukum. Pintanya Suwandi.

Harapan Camat Geragai “Suwandi” dari adanya Lembaga Cegah Kejahatan Indonesia (LCKI) ini untuk pendampingan dari rekan-rekan LCKI yang memberikan suatu kecegahan. “Mudah-mudahan dengan demikian dari masyarakat kami khususnya para Kepala Desa dan Lurah itu bisa lebih baik dalam mengikuti aturan yang ditetapkan dari Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten”.(Faradise)

Tinggalkan Balasan