Pelepasan MTQ Ke-XIII 2019 Kecamatan Mendahara Di Kelurahan Mendahara Ilir, Resmi Dibuka Oleh Camat Mendahara

0
Spread the love

Jambi, Tanjab Timur, Siasatinfo.co.id – Musabaqoh Tilawatil Quran “MTQ” Ke-XIII Tahun 2019 Tingkat Kecamatan Mendahara di Kelurahan Mendahara Ilir Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi. MTQ adalah sebuah festival pemuliaan kitab suci umat islam (Al-Quran), yang diselenggarakan secara puncaknya pada tingkat Kecamatan Mendahara. Pada festival ini, peserta membaca Al-Quran dengan Qira’at.

MTQ memang sudah sangat familiar di telinga masyarakat, setahun sekali MTQ diadakan secara rutin di tingkat Kecamatan. Bahkan, ada MTQ antar Instansi/Badan/Perusahaan, yang waktunya tidak berdasarkan periode tahunan dan bisa kapan saja. MTQ juga lazimnya di laksanakan berjenjang dari yang terendah (RT/RW dan Desa/Lurah) hingga ke tingkat Nasional, untuk menentukan utusan dari daerah tersebut ditingkat daerah.

Sementara cabang-cabang lomba dalam MTQ juga beragam, seperti Tilawah, Tartil, Fahmil, Syarhil dan Khattil (Quran). Maksud di adakannya MTQ juga pada hakikatnya adalah, untuk Mensyiarkan Al-Quran, dan disamping itu juga mencari yang terbaik, untuk mewakili MTQ pada tingkat selanjutnya.

Tapi intinya adalah Syiar Al-Quran dan Syiar itu pula dituntut bahwa seseorang peserta tidak hanya pintar membaca dan menulis. Tapi jauh lebih penting adalah memahami isi kandungan Al-Quran itu sendiri, dan sasarannya juga tidak hanya kepada peserta (yang ikut lomba) tapi juga (dan ini lebih penting) adalah kepada pendengar/pengunjung.

Camat Mendahara “Amri Juhardy” mengharapkan Musabaqoh Tilawatil Quran “MTQ” Ke-XIII tahun 2019 di tingkat Kecamatan Mendahara ini juga terus berkembang, baik dari sisinya maupun kualitas penyelenggaraannya. Hal itu dikatakan Camat pada saat pembukaan MTQ Ke-XIII tahun 2019, tingkat Kecamatan Mendahara di Kelurahan Mendahara Ilir Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Senin (04/11/2019).

Sambung Camat Mendahara mengatakan, tujuan dan makna pelaksanaan MTQ Ke-XIII tahun 2019, ditingkat Kecamatan Mendahara yang selenggarakan di Kelurahan Mendahara Ilir ini sebagai tuan rumah, yang utama adalah Syiar dan Dakwah tentang membumikan Al-Quran. Menurut Camat.

“Al-Quran harus menjadi nafas serta sebagai pengangan hidup yang hakiki, dan menjadi kepribadian masyarakat. Karenanya, hakekat, makna, dan tujuan MTQ di pegang teguh, sehingga Al-Quran di resapi, di hayati dan di amalkan dalam kehidupan sehari-hari”. Ucap Camat.

Acara pembukaan Musabaqoh Tilawatil Quran “MTQ” Ke-XIII tahun 2019 tingkat Kecamatan Mendahara di Kelurahan Mendahara Ilir ini turut hadir. Wakil Bupati “H. Robby Nahliyansyah” Kabupaten Tanjung Jabung Timur beserta jajaran,
Kapolsek Mendahara Iptu “Rahmat Damaiandi, SH” beserta jajaran, Lurah Mendahara Ilir “Saleh” beserta jajaran, Danramil Mendahara, Pemerintahan Kecamatan Mendahara, KUA Mendahara beserta jajaran, Koorlap Diknas beserta jajaran, Kepala Puskesmas Mendahara beserta jajaran, Kepala Desa se-Kecamatan Mendahara beserta jajaran, Sat-PolPP dan Damkar, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan para peserta MTQ.

(Firdaus Faradise)

Tinggalkan Balasan