Kondisi Ruang Kelas Belajar SDN 135/X Rantau Rasau Mengkhawatirkan Siswa

0
Spread the love

Tanjab Timur, Jambi, Siasatinfo – Sebanyak tiga Ruang Kelas Belajar “RKB” yang ditempati puluhan murid kelas 1, 2 dan kelas 3 SDN 135/X Desa Bangun Karya Kecamatan Rantau Rasau Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi dinilai sudah tidak layak lagi untuk proses kegiatan belajar mengajar.

Pasalnya, sekolah yang letaknya tepat dibelakang kantor Desa Bangun Karya tersebut sudah mengalami kerusakan dibeberapa bagian, atap plafond sudah banyak yang lepas, konsen pintu dan jendela sudah ada yang bergeser dan kondisi bangunannya yang miring, dikhawatirkan apa bila dibiarkan berlarut-larut akan membahayakan para siswa pada saat belajar.

Kepala Sekolah SDN 135/X “Sahid, S.Pd” mengatakan, saat ini jumlah siswa sekolah yang Ia pimpin sebanyak 68 siswa. Hanya saja, ada tiga Ruang Kelas Belajar “RKB” yang sudah tidak layak lagi digunakan yaitu ruang kelas 1, 2 dan kelas 3. Meskipun demikian, tiga Ruang Kelas Belajar tersebut, hingga saat ini masih digunakan untuk Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Dengan melihat kondisi bangunan tersebut, dirinya khawatir terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Jelasnya.

“Berdirinya bangunan tiga Ruang Kelas Belajar “RKB” itu sudah cukup lama. Hanya saja saya tidak tahu pasti sejak kapan dibangun. Saat itu saya belum jadi Kepala Sekolah. Tiga Ruang Kelas Belajar itu sudah ada pernah direhab, setau saya hanya satu kali, itupun sudah lama”. Ujar Kepala Sekolah saat dikonfirmasi awak Media (13/8/2019).

Terkait hal ini, pihaknya sudah pernah melaporkan dan diusulkan kepada Dinas terkait baik melalui Dapodik maupun melalui Musdes dan Musrenbang. Diakuinya, tahun 2019 ini sekolah yang Ia pimpin mendapat bantuan Pembangunan Sanitasi dan Rehab Perpustakaan dari dana DAK. akan tetapi, sebenarnya ada yang lebih penting (mendesak) yaitu tiga Ruang Kelas Belajar “RKB” tersebut. Pintanya.

“Rencananya mau dianggarkan dengan Dana Repitalisasi. Hanya saja kouta tidak mencukupi, akhirnya tidak jadi. Padahal Tim dari Provinsi Jambi sudah pernah meninjau lokasi untuk melihat keadaan tiga Ruang Kelas Belajar tersebut. Bahkan Bapak Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjab Timur juga sudah pernah turun ke lokasi”. Ungkapnya pula.

Untuk itu, pihaknya mengharapkan adanya bantuan perbaikan dari Pemerintah untuk tiga Ruang Kelas Belajar “RKB” yang dimaksud. Harapnya.

(W. Firdaus)

Tinggalkan Balasan