Kades Lambur I Serahkan BLT Desa, Sisir Warga Miskin Yang Belum Kebagian Bantuan

0
Spread the love

Siasatinfo.co.id Tanjab Timur – Soal Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa, merupakan program realokasi anggaran Dana Desa (DD) untuk warga miskin yang kehilangan pekerjaan karena virus Corona,  paling penting adalah warga tersebut belum mendapatkan bantuan apapun dari Pemerintah.

Pemerintah Desa Lambur I Kecamatan Muara Sabak Timur Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi, menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa kepada masyarakat sebanyak 63 orang penerima, Rabu 20 Mei 2020.

BLT Desa diserahkan langsung oleh Sutar selaku Kepala Desa Lambur I Kecamatan Muara Sabak Timur kepada masyarakat penerima, bertujuan untuk meringankan beban krisis ekonomi masyarakat yang diakibatkan dari dampak pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).

Penyerahan Bantuan ini juga dihadiri Camat Muara Sabak Timur Zulfaisal, S. AP.  Pemdes Lambur I juga melibatkan Kapolsek Muara Sabak Timur AKP. Suwanto bersama TNI sebagai pengawalan dan pengawasan secara penyerahannya transparan, tepat sasaran serta lancar.

Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa ini bersumber dari Dana Desa Lambur I Kecamatan Muara Sabak Timur Kabupaten Tanjung Jabung Timur Tahun Anggaran 2020, BLT Desa akan diberikan ke KK penerima manfaat. Per keluarga akan mendapatkan Rp. 600 ribu per bulan, mulai bulan April hingga bulan Juni.

Hal ini disampaikan Sutar selaku Kepala Desa Lambur I Kecamatan Muara Sabak Timur saat dikonfirmasi mengatakan, bahwa data BLT Desa dari Dana Desa ini
terverifikasi berdasarkan musyawarah bersama aparatur, dan RT.

“Terkait BLT Desa, sasarannya adalah warga miskin yang kehilangan mata pencaharian karena Covid-19. Paling penting lagi yang belum dapat bantuan apapun, belum masuk PKH belum masuk BNPT, dan segala bentuk bantuan. Artinya disini tidak tumpang tindih datanya, dimana masyarakat yang sudah terdaftar atau mendapatkan BLT Desa. Jelas Sutar.

“Ditambahkan juga di sana untuk anggota keluarga yang rentan sakit kronis, karena Covid-19 ini lebih bahaya ke orang sakit kronis, maka kami berikan”. Lanjutnya.

“Jika nanti semuanya sudah tersalurkan sesuai dengan yang terdata, namun masih menyisakan anggaran yang kita ajukan, uang sisa tersebut akan kita masukkan kembali di APBDes perubahan”. Papar Sutar.

“Harapannya dengan adanya bantuan BLT Desa, masyarakat Desa Lambur I Kecamatan Muara Sabak Timur yang terdampak Covid-19 ini, terbantukan bebannya secara ekonomi”. Tutup Sutar.

Salah satu masyarakat penerima BLT Desa dari Dana Desa bernama Gianto warga RT. 12 Dusun Sri Mulyo I mengucapkan, terima kasihnya atas bantuan tersebut. Selama pandemi Covid-19 ini, penghasilan saya sebagai buruh tani menurun drastis. Karena adanya larangan Pemerintah untuk beraktifitas diluar rumah, demi memutuskan mata rantai Covid-19.

“Iya, saya jadi jarang keluar rumah. Alhamdulillaah dengan adanya bantuan BLT Desa, beban mata pencarian kami secara ekonomi sangat terbantu. Tidak luput juga berterima kasih kepada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Desa Lambur I yang telah memberikan bantuan ini”. Ucap Gianto dalam kesempatan ini.

(Firdaus. F)

Tinggalkan Balasan