Kades Dua Periode Apmaja Duli, Wisata “Air Terjun Batu Kuho” Kerinci Populer

0
Spread the love

Siasatinfo.co.id Berita Kerinci – Aset Wisata Alam di Kerinci mencuat kepermukaan dari berbagai desa karena inovasi para pemimpinnya atas dukungan warga masyarakat setempat.

Begitu pula halnya yang terjadi di Desa Air Terjun, Kecamatan Siulak, Kabupaten Kerinci, aset wisata Air Terjun Batu Kuho kini menggaung dan dikelola Bundes setempat.

Pantauan siasatinfo.co.id dilapangan, para pengunjung tiap hari libur semakin bertambah saja, disebabkan oleh akses jalan kelokasi tempat wisata mudah dilalui kendaraan roda dua dan roda empat.

Tak asing lagi, Kades Apmaja duli.Amd, selaku kepala desa Air Terjun, hampir dikenal masyarakat kerinci sebagai kades yang berprestasi dan telah menjabat dua periode.

Ia dikenal masyarakat kades paling ramah, tak pelit senyuman. Bagi warga Air Terjun, ia juga mudah dipanggil kapan saja, baik siang maupun malam, bahkan tengah malam dia tak segan – segan turun demi menolong warganya.

Disamping itu, dia berhasil mengangkat nama desa air terjun dikenal kancah nasional bahkan internasisonal, melalui hutan adat Bukit Sembahyang, Padun Gelanggang.

“Saat ini kita sedang membangun tempat wisata “Air Terjun Batu Kuho” yang akan diolah oleh bumdes untuk menjadi aset desa.

“Kedepannya Air Terjun Batu Kuho akan di perjuangkan bantuan dari Bank dunia. Kita sudah dapat sinyal dari pemerintah asalkan air terjun termasuk kawasan hutan adat,”ungkap Kades Admaja Duli kepada siasatinfo.co.id dikediamannya.

Dikatakannya lagi, melalui air terjun kita akan lobi bantuan dari bank dunia. Dan seandainya bisa tentu masyarakat air terjun akan sama2 mendapat kesejahteraan,’ ujar Kades Duli.

Hingga kini,ini,pres yang diraih tahun 2019 juara 1 kalpataru tingkat Kabupaten, Hutan Adat Bukit Sembahyang raih juara I tingkat Kabupaten, UMKM berprestasi juara 3 produksi Gula Enau. Kalpataru tingkat Provinsi tahun 2011. Juara 2 lomba desa tingkat kab kerinci.

Prestasi diraih tak lepas dukungan pendamping ibuk kades yang juga berprestasi membawa nama baik desa dengan meraih juara 3 lomba pidato tingkat kabupaten th 2011, dan juura 3 lomba pidato tingkat kecamatan th 2018.

Disamping itu, ibuk kades juga pernah membawa nama grup voli ball Putri meraih juara 1. Untuk menjadi desa yang baik tidaklah mudah, mesti dimbangi oleh ibu Kades.

Kini, Desa Air Terjun akan berubah menjadi desa wisata. Sedangkan, untuk hutan adat sampai sekarang walau pun belum mendapat sentuhan dana pemliharaan dari pemerintah, namun warga setempat masih tetap melestarikannya.(Jm/red).

 

Tinggalkan Balasan