Jalan Jerambah Kayu Nipah Panjang II Rusak Dan Lapuk, Warga Diimbau Berhati-Hati

0
Spread the love

Tanjab Timur, Siasatinfo.co.id – Jalan Jerambah Kayu merupakan Jalan Akses Permukiman warga untuk melintasi sehari-hari sebagai urat nadi perekonomian masyarakat, karena dibagian wilayah bantaran sungai pesisir ini sebagian masih menggunakan Jalan Jerambah Kayu dengan faktor alam air pasang surut.

Salah satunya keberadaan Jalan Jerambah Kayu di RT. 03 RW. 06 Kelurahan Nipah Panjang II Kecamatan Nipah Panjang Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi. Jalan Jerambah Kayu tersebut harus berhati-hati bagi siapapun yang melintasi jalan ini, bahkan Jalan Jerambah Kayu yang berukuran Lebar 2.00 M saat ini kondisinya cukup memperhatinkan. Selain itu juga kondisi Jalan Jerambah Kayu ini banyak yang rusak dan juga banyak yang lapuk.

“Syamsudin” selaku ketua RT. 03 RW. 06 mengatakan, Jalan Jerambah Kayu ini sudah pernah diperbaiki menggunakan tanggap darurat pada Tahun 2018 lalu, saat ini sudah memprihatinkan sekali. Pasalnya Jalan Jerambah Kayu tersebut baru berusia tidak lama ini diperbaiki di Tahun lalu, sudah banyak yang rusak dan lapuk, pada waktu pelaksanaan menggunakan bahan material kayu yang tidak bagus bahkan menggunakan bahan kayu racuk/lempung.

“Bagaimana mau tahan lama, kayunya saja pakai kayu racuk/lempung, intinya kayunya tidak bagus,” kata ketua RT. saat dikonfirmasi awak media, Selasa (18/6/2019).

Dikatakannya pula, jika kondisi Jalan Jerambah Kayu ini berlarut larut dibiarkan. Maka Jalan Jerambah Kayu ini akan terputus tidak bisa lagi dilintasi oleh masyarkat. Dibeberapa bagian dikhawatirkan akan mengancam keselamatan pengguna jalan yang melintas, apalagi Jalan Jerambah Kayu ini merupakan Jalan Akses Permukiman warga setempat. Karena Jalan Jerambah Kayu ini satu satunya jalan untuk dilintasi oleh masyarakat setempat.

“Untungnya salah satu warga setempat punya inisiatif selalu memperbaiki dan menambal dengan bahan yang ada dan itupun sebagian bahan punya warga setempat untuk hanya sementara, agar Jalan Jerambah Kayu ini bisa untuk dilintasi oleh warga. Itu pun tidak bisa bertahan lama, saya sebagai Ketua RT. 03 berharap pada pemerintah setempat dan Pemerintah Daerah agar bisa diperhatikan Jalan Jerambah Kayu warga permukiman kami ini. Kalau bisa dibangun yang lebih baik lagi dan tahan lama, seperti Jalan Jerambah Beton yang sebagian yang sudah ada dibangun”. harapnya.

Hal yang sama diungkapkan oleh salah satu warga setempat, dirinya mengharapkan perhatian dari Pemerintah setempat maupun Pemerintah Daerah untuk memperbaiki Jalan Jerambah Kayu ini. “Sebelumnya sudah pernah diperbaiki dengan Dana Anggaran Tanggap Darurat di Tahun lalu, karena baru 1 Tahun 5 Bulan diperbaiki sudah banyak yang rusak dan lapuk. Karena bahan kayu yang digunakannya pakai bahan kayu racuk/lempung”. Katanya.

“Saya sebagai warga setempat tentu mengharapkan Pemerintah Setempat maupun Pemerintah Daerah untuk memperhatikan hal-hal yang seperti ini”, ujar warga yang namanya tidak ingin disebut.

“Ya, kami warga tentunya sangat mengharapkan adanya perbaikan Jalan Jerambah Kayu tersebut oleh Pemerintah Setempat maupun Pemerintah Daerah”. Tandasnya.

Menanggapi hal ini, Camat Nipah Panjang “Kamaruddin” saat dikonfirmasi melalui Via Whatsapp mengatakan akan kita Check kelokasi Jalan Jerambah Kayu tersebut.

“Nanti saya Check dulu, kita ambil Dokumentasinya, akan kita lapor ke Kadis Perkim untuk Tanggap Darurat”. pungkasnya.(Faradise)

Tinggalkan Balasan