Bakti Sosial dalam Rangka HUT IBI ke-68 di Desa Pandan Lagan Tanjab Timur

0
Spread the love

Jambi, Tanjab Timur, Siasatinfo.co.id – Bersempena memperingati HUT Ikatan Bidan Indonesia (IBI) yang ke-68, IBI Desa Pandan Lagan Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi, menggelar kegiatan Bakti Sosial bertema Peran IBI dalam pelayanan KB dan Kesehatan Reproduksi untuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak guna mewujudkan keluarga yang berkualitas.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kabupaten Tanjung Jabung Timur bersama TNI mencanangkan Program Manunggal Keluarga Berencana dan Kesehatan tingkat Nasional tahun 2019 sebagai implementasi dari kerjasama kedua instansi tersebut dalam penguatan kependudukan. Kamis (25/7/2019).

Kegiatan Bakti Sosial TNI di Bidang Kesehatan dalam Program Manunggal KB dan Kesehatan yang diadakan di Desa Pandan lagan Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Dalam acara tersebut, tampak hadir Asisten II Agus Sadikin untuk mewakili Bupati Tanjung Jabung Timur, Kepala BKKBN Provinsi Jambi Mukthtar Bakti, SH, MH mewakili Gubernur Jambi, Ketua IBI Provinsi Jambi Hj. Taty Nurti, S.Pd, M.Kes, Kepala Dinas PPKB Tanjab Timur Barusman, S.sos dan Kapten Inf. Suharwo Danramil 419-01 Tanjab Timur untuk mewakili Damdim 0419.

Sebagai Tuan Rumah, Kepala Desa Pandan Lagan Winarno berserta Perangkat Desanya Menyambut langsung kedatangan para tamu dari Kabupaten maupun Provinsi yang datang ke Desanya tersebut.

Pada kesempatan itu, Kepala Desa Pandan Lagan “Winarno” dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada para Tamu yang hadir.

“Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Timur khususnya kepada Bapak Bupati H. Romi haryanto, SE atas kepeduliannya terhadap Wabah Stunting dan program Keluarga Berencana (KB).” Ucap Kades Winarno.

Kemudian Asisten II Agus Sadikin dalam sambutannya mengatakan bahwa Ia sangat berharap melalui kegiatan kerjasama seperti ini, akan menghasilkan formula yang dapat mendorong terwujudnya ketahanan keluarga sebagai kekuatan mendasar dalam rangka mewujudkan Ketahanan Nasional.

“Keberhasilan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) akan menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang tangguh dan meningkatkan Derajat Ketahanan Nasional. Serta mampu memberikan jaminan terhadap kesinambungan Pembangunan Nasional yang pada akhirnya akan mampu secara signifikan meningkatkan kesejahteraan rakyat.” Kata Agus sadikin.

Selanjutnya hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Tanjab Timur Barusman, S.sos dalam sambutannya.

“TNI merupakan Mitra kerja yang sangat Potensial dalam mempercepat pencapaian keberhasilan program Keluarga Berencana sehingga dapat menekan angka kelahiran di Indonesia.” Katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Tanjab Timur yang diwakili sekretaris Dinas (Sekdis) Kesehatan Hendri dalam sambutannya juga mengatakan, dalam acara ini Dinas Kesehatan akan bekerjasama dengan Pihak terkait.

“TNI juga telah membantu BKKBN dengan melibatkan Babinsa dan tenaga lini lapangan yaitu Petugas Penyuluh KB atau PLKB yang telah dialih kelola sebagai Tenaga Pusat untuk menjadi Tenaga Penggerak dan Motivator di lapangan.” Katanya.

“Dengan adanya pemaduan dan integrasi kegiatan yang sinergis dengan TNI dan lintas sektor lain, baik lembaga eksekutif dan legislatif daerah, LSM, sektor Swasta serta Tokoh Agama dan masyarakat, maka dapat memperkuat kembali program KKBPK di lapangan”.Terangnya.

Pencanangan Bakti Sosial diharapkan dapat berkontribusi nyata, dan meningkatkan kesertaan masyarakat dalam program KKBPK yang dapat menjangkau sasaran sampai daerah terpencil dan tertinggal, khususnya di Kampung KB, untuk menjaga kualitas pelayanan dan kelangsungan ber-KB.

“Ini sejalan dengan arahan Presiden Republik Indonesia, BKKBN mendapat amanat untuk membentuk Kampung KB, sebagai Poros Pembangunan di tingkat Desa dengan memprioritaskan sinergitas Pembangunan Fisik dan Non Fisik, dan Program Prioritas Pemerintah lainnya dengan memadukan Program dan Kegiatan antar Kementerian dan Lembaga untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di daerah tersebut agar dapat merasakan manfaat dari pembangunan.” Pungkas Hendri.

Dalam acara tersebut juga terdapat layanan dan Konsultasi Kesehatan Gratis, untuk mensosialisasikan Program Kesehatan dan kependudukan.

Pemerintah Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Timur juga memiliki peran besar dalam memberikan dukungan baik secara materil maupun moril kepada Desa Pandan Lagan yang telah di tunjuk menjadi Tuan Rumah dalam Rangka HUT Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke-68 kali ini.

(Faradise)

Tinggalkan Balasan