Bak Zona Perang, Massa Trump Serbu Capitol Hill, Senator dan Legislator kocar-kacir

0
Rabu (6/1/2021). Sejumlah anggota parlemen dan Massa pendukung Donald Trump menyerbu Capitol Hill untuk membatalkan pemilihan presiden Amerika Serikat.
Spread the love

Siasatinfo.co.id, Jakarta — Bak zona perang dan politik memalukan sepanjang sejarah Amerika Serikat para senator dan legislator kocar-kacir lari menyelamatkan diri.

Sejumlah anggota parlemen dan massa pendukung Donald Trump menyerbu Capitol Hill untuk menjegal Joe Biden sebagai Presiden AS. Asumsi publik ini sebuah cacat politik Donald Trump tercatat sebagai sejarah kelam.

Peristiwa sangat mencekam. Suara ledakan, desingan peluru, dan teriakan protes massa, mengubah gedung Capitol Hill bak zona perang. Insiden memalukan pada Rabu 6 Januari siang, yang akan dikenang sepanjang sejarah politik Amerika.

Di gedung Kongres Amerika Serikat itu, para senator dan legislator kocar-kacir menyelamatkan diri. Ratusan orang yang membawa bendera dengan potret wajah Donald Trump, menyerbu tempat berlangsungnya penetapan Joe Biden sebagai Presiden ke-46 AS.

Awalnya, massa pendukung Donald Trump itu menggelar demonstrasi di depan gedung Capitol Hill. Hari itu, rapat gabungan Senat dan DPR AS tengah melangsungkan penghitungan hasil pemungutan suara elektoral Pemilu 2020.

Sekitar pukul 13.00 waktu Amerika, ratusan pendukung Trump tiba-tiba menerobos penghalang yang dipasang kepolisian di sepanjang kompleks Capitol Hill. Sebagian massa lainnya saling dorong dengan aparat kepolisian antihuru-hara. Beberapa dari mereka meneriaki para petugas dengan sebutan “pengkhianat”.

Lebih parahnya, para pengunjuk rasa juga tampak mencoba memanjat sisi gedung, dan suara hantaman benda juga terdengar beberapa kali. Para pendukung Trump juga terlihat mendorong pagar besi dan polisi dilansir dari liputan6.com.

Antisipasi aparat menyemprotkan cairan merica kepada kerumunan massa. Gas air mata juga terlihat ditembakkan di tengah bentrokan agar kongres penetapan Joe Biden sebagai Presiden tetap berlangsung.(Ynr/frank/Red).

Tinggalkan Balasan