Ada Indikasi KIR Bodong Plat Luar Dishub Kerinci, Ajang Pungli Oknum Petugas

0
Spread the love

Siasatinfo.co.id Berita Kerinci,- Lama terendus aksi curang diduga dilakukan beberapa oknum petugas KIR pada Pengujian Kendaraan Berkendaraan (PKB), Dinas Perhubungan Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

Berlangsung terselubung aksi curang dan Pungli di Dinas Dishub Kerinci, sudah diketahui banyak petugas dinas Interen Perhubungan, namun mereka enggan untuk melapor ke pihak berwajib.

Keterangan yang berhasil diperoleh dari berbagai sumber Media Siasat Info, dugaan aksi pungutan liar (Pungli), secara terselubung di kantor PKB/ KIR pada Dishub Kerinci, bermuara KIR mobil asal luar daerah.

Seperti, pengujian KIR pada kendaraan nomor plat asal luar daerah Kerinci, semestinya tidak boleh melakukan KIR di dinas dishub Kerinci.

Namun dengan kelicikan oknum petugas KIR secara terselubung dengan kucing – kucingan mintak uang kepada pemilik mobil No Plat luar daerah, alasan untuk biaya pengiriman sebesar Rp 500 ribu hingga Rp 700 ribu.

Padahal untuk menyambung KIR mesti ada rekomendasi dari luar daerah dengan membawa buku KIR kendaraan bersangkutan. Apabila tidak ada buku maka akan kembali kedaerah asal kendaraan.

Ironis lagi, bermodalkan rekomendasi tanpa menghadirkan mobil ke PKB untuk di KIR pihak petugas malah beraninya mengeluarkan surat sementara tanpa diteken oleh Mr.KIR Dinas Dishub Kerinci.

“Tapi tak satupun diantara mereka yang bertugas sebagai petugas KIR yang mau laporkan ke Bupati Kerinci Adirozal.

Saya berharap celah kasus Pungli yang hanya  memperkaya oknum Petugas KIR di kantor PKB dinas perhubungan Kerinci, untuk segera diketahui Inspektorat dan Bupati Adirozal,” ujar sumber siasatinfo.co.id.

H. Juanda, Spd.MM Kadis Dishub Kerinci, ketika dimintai keterangannya via handphone oleh siasatinfo.co.id, Kamis (04/07/2019) pukul 10:45 Wib, menyebutkan ,tanpa menghadirkan mobil kekantor untuk di uji pasti akan ditolak.

“Saya sudah wanti – wanti mengingatkan kepada petugas KIR untuk tidak melakukan Pungli. Kalau ada oknum petugas KIR yang melakukan pungli tolong laporkan saja ke tim Saber Pungli ,”tandas H.Juanda,Spd.MM, selaku Kadis Perhubungan Kerinci.

Untuk menguak Aksi Culas dan dugaan Pungli Kronis di dinas Dishub Kabupaten Kerinci, ikuti terus penelusuran di media Siasat Info.(Jm/red).

 

 

 

Tinggalkan Balasan